Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Mengatasi Mobil Yang Sulit Distater

Bagi teman-teman yang sudah mempunyai mobil ,mungkin pernah mengalami kesulitan untuk menghidupkan mesin mobil. Disini saya akan berbagi ilmu untuk mengatasi mobil yang sulit distater agar bagi pengendara yang akan memiliki mobil tidak perlu bingung jika hal ini terjadi pada anda. Semua ini saya dapatkan dibeberapa artikel majalah otomotif , maupun bertanya langsung kepada ahli mekanik mesin.
Berikut tips mengatasi mobil yang sulit distater  :

1. Jika pada saat pagi mobil sulit distater ,dan saat menjelang siang mesin baru bisa dihidupkan, kemungkinan besar aki mobil sudah soak karena sudah tidak dapat menyimpan arus listrik, oleh karena itu disarankan untuk segera mengganti aki lama dengan yang baru.
2.masalah kelistrikan
Masalah kelistrikan paling sering menyebabkan mobil sulit distater . Tetapi jangan khawatir , kita hanya perlu mengecek beberapa komponen apakah terjadi kerusakan disalah satu komponen tersebut .Seperti ;
- Kabel yang menghubungkan ke aki mobil.
 Jika terdapat karat pada ujung kabel yang menuju terminal aki, maka akan menyebabkan arus listrik tidak dapat mengalir optimal ke mesin mobil ,sehingga sulit untuk distater. Solusinya adalah siramkan dengan air panas atau dapat menggunakan baking soda pada ujung kabel yang berkarat ,lalu disikat dengan sikat kawat.
- Dinamo Stater
 salah satu tanda jika dinamo stater rusak adalah ketika kita memutar kunci kontak, hanya akan terdengar bunyi cetak-cetak.(seperti itu lah). Solusinya segera ganti dengan yang baru.
- Dinamo Ampere
Terlalu banyak memakai aksesoris elektronik mobil, akan memakan banyak arus listrik, jika dinamo amper tidak kuat menahan beban ,maka akan sulit untuk menghidupkan mesin. Perlu diperhatikan,gunakan aksesoris elektronik mobil seperlunya ,atau ganti dinamo ampere dengan daya yang lebih besar.
- kabel sekring
Cek kabel sekring yang berada didekat aki pada kutub positifnya, jika rusak atau kabel terputus, segera ganti dengan yang baru.
- Mesin
Ketika stater baik, dan kelistrikan pun baik, tetapi tidak mampu menghidupkan mesin ,kemungkinan besar terjadi kerusakan pada mesin mobil. jika didorong pun ,mesin mobil tidak akan bisa hidup.
Jika terjadi kerusakan pada mesin, yang harus diperhatikan adalah:
1. Platina : dapat menyebabkan mobil sulit distater jika salah pemasangannya ataupun sudah rusak.
2. Busi dan perangkat busi seperti kabel busi , ini berhubungan dengan pengapian .Jika salah satu komponen rusak ,maka mobil akan sulit dihidupkan.
3.Karburator: Kotornya karburator atau tidak tepat pemasangannya dapat menyebabkan pembakaran tidak berjalan baik dan mesin mobil akan sulit dihidupkan.
4.Pompa Bensin : jika sudah rusak, mobil sudah dipastikan tidak bisa hidup ,karena aliran bensin ke karburator terganggu.
Tips Mengatasi Mobil Yang Sulit Distater

ada banyak hal lagi dapat menyebabkan kesulitan mobil ketika distater. Tetapi dengan mengetahui beberapa tadi ,semoga banyak dapat membantu bagi para pengendara yang mengalami hal seperti ini .Tetap rawat mobilmu, seperti kamu merawat tubuhmu sendiri.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment