Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Menggunakan Headset

Headset adalah suatu alat yang digunakan untuk mengeraskan suara yang hanya pakai sendirian. Biasanya headset digunakan untuk mendengarkan music yang berasal dari headphone,iphone dan lain-lain,
Mendengarkan musik menggunakan headset dapat menghilangkan rasa bosan saat suntuk, mengantuk dan dapat mengembalikan mood yang sedang buruk.
Tetapi apakah kalian tahu bahaya penggunaan headset yang berlebihan ?
Penggunaan headset yang berlebihan dapat menyebabkan :
1. Kerusakan alat pendengaran secara permanen
Ini disebabkan karena menggunakan headset dengan volume yang terlalu keras sehingga alat pendengaran seperti rumah siput menjadi panas dan kelelahan .Jika terus-menerus maka alat pendengaran akan menjadi rusak sehingga dapat menyebabkan ganguan pendengaran.
2.Kerusakan pada otak
Penggunaan headset yang berlebihan diduga dapat mengakibatkan kerusakan pada otak. Ini disebabkan karena gelombang elektromagnetik yang dihasilkan headset dapat mempengaruhi kinerja otak. Namun seberapa besar jumlah gelombang dapat mengakibatkan kerusakan pada otak masih terus dilakukan penelitian.
Tips Menggunakan Headset
3. Gangguan pendengaran hingga tuli
Hal ini berlangsung secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama .Hal inilah yang membuat para pengguna headset tidak sadar akan bahaya penggunaan headset secara terus menerus. Pada Usia muda, menggunakan headset dengan volume yang tinggi mungkin dampaknya belum dirasakan. Tetapi ketika usia semakin bertambah, maka dampak gangguan pendengaran akan mulai dirasakan.

Jadi bagi para pengguna headset, diharapkan untuk benar-benar berhati-hati dalam menggunakan headset.
Disini admin akan memberikan tips cara menggunakan headset yang baik dalam bidang kesehatan :
1. Gunakanlah headset seperlunya saja. jangan terlalu sering menggunakan headset saat berpergian ataupun saat berada di rumah.
2. Jangan terlalu lama menggunakan headset. jika menggunakannya sampai berjam-jam, maka alat pendengaran akan kelelahan dikarenakan telinga sudah tidak mampu menerima beban suara yang dihasilkan dari headset tersebut.
3. Tidak menggunakan headset sebelum tidur.
4. Tingkat volume jangan terlalu keras. Admin menyarankan tingkat volume yang dipakai tidak melebihi dari setengah volume total.

Semoga tips menggunakan headset ini bermanfaat untuk kita semua. Jangan berlebihan dalam menggunakan headset , karena dapat berbahaya bagi kesehatan kita .
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment