Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Merawat Aki mobil agar tahan lama

Aki merupakan salah satu faktor penting dalam kenyamanan berkendara. Jika aki sudah soak, maka mobil juga akan sulit dihidupkan. Merawat aki susah susah gampang. Tetapi semua itu ada solusinya. Berikut beberapa tips cara merawat aki agar tetap awet :
1.Tepat Waktu dalam mengganti aki
aki biasanya tahan hingga 4 tahun. Tetapi sekarang umumnya aki sudah diganti 1 tahun saja karena tidak merawatnya dengan baik.Aki yang sudah habis masa pakainya harus segera diganti dengan aki yang baru.
2. Panaskan mobil secara rutin
Tidak menggunakan mobil dalam waktu yang lama dapat memperpendek umur aki. Lakukan pemanasan mobil secara rutin untuk menjaga aki supaya awet.
3.Matikan semua kelistrikan ,ac, lampu maupun radio di dalam mobil sebelum mematikan mesin. Ini dilakukan agar ketika menghidupkan mesin aki hanya berfokus pada sistem stater.
4.Cek kebersihannya.
Cek apakah terjadi korosi atau tidak pada terminal aki. Jika ada, siramkan air panas pada terminal-terminalnya atau menggunakan campuran baking soda kemudian menyikatnya dengan sikat kawat.
5.Kabel Aki harus terikat kuat
Kabel yang terhubung dengan terminal pada aki harus terikat dengan kuat.Pastikan tidak ada goyangan pada saat kita mencoba mengggerakkannya. Jika kendor maka akan memutus hubungan listrik dengan aki sehingga mobil tidak dapat pasokan listrik.
6. Periksa cairan elektrolit dalam aki
Pastikan ketinggian cairan elektrolit pada level yang cukup. Jika sudah mencapai level low, maka aki harus ditambah dengan cairan elektrolit lagi (asam sulfat).Penyebab cairan elektrolit itu berkurang karena penguapan karena panas atau terdapat kerusakan dalam aki tersebut.
7.Jika mobil tidak dipakai dalam waktu yang lama ,copot terminal negatif pada aki agar listrik yang tersimpan di aki tidak disedot terus menerus.
8.Gunakan penutup aki agar aki tidak terkena panas dari mesin mobil.
Tips Merawat Aki mobil agar tahan lama
Itulah tips merawat aki agar tahan lama. Jika ada yang ingin menambah ,silahkan tulis di dalam kotak komentar. Semoga kita dapat merawat mobil kita dengan baik.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

14 komentar:

  1. http://www.black-plankton.srfc.or.id/2011/06/membuat-dc-booster-untuk-motor.html?showComment=1373428245917#c1125292511285888071

    ReplyDelete
  2. Maaf apa ada solusi buat aki kering yang sudah drop?jika ada bagaimana?

    ReplyDelete
  3. pak gimana caranya memasang boster pengisian aki pada motor saya honda kharisma 125D?

    ReplyDelete
  4. senang bertukar informasi dan eksperimen di dunia otomotif terimakasih pak atas atensinya

    ReplyDelete
  5. pak kalau Inverter apakah harus pakai accu?Bisa tidak di ganti batterai dan lain-lain

    ReplyDelete
  6. Kalau bikin inverter pakai trafo yang (misalnya) 1A 220V.berarti daya maksimal yang dihasilkan inverter itu cuma 220 watt ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, daya itu berbanding lurus dengan tegangan dan arus listrik. Jadi jika ingin memperbesar daya , maka arus dan tegangannya perlu di tinggikan juga.

      Delete
  7. Kalau dikabel colokan ada tulisan 6A, 250V itu artinya kekuatan kabel+colokan itu cuma 6A, 250V ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar. jdi kabelnya mempunyai max kekuatan 6A dan 250V, jangan digunakan pada tegangan dan arus yang lebih tinggi.

      Delete
  8. Bisa kah instalasinya langsung digabung dengan instalasi pln yang sudah ada?

    ReplyDelete
  9. Terimakasih atas tipsnya,Jangan lupa untuk berkunjung ketempat kami:
    Cari Mobil Bekas dan Baru | Jual Beli mobil-Otomotif7.com
    Tempat Jual Beli Mobil baru dan bekas Online Daftar Harga Mobil Terbaru merek Toyota, Honda, Nissan, Daihatsu, Suzuki, Avanza, Mitsubishi, BMW, Audi, Ford dan lainnya
    cari mobil murah,mobil murah dijual,jual Mobil Online,Beli Mobil Online,Jual beli Mobil Baru,Jual beli Mobil Second,Pasang Iklan Mobil
    Jual beli Mobil Second
    Beli Mobil Online

    ReplyDelete
  10. Terima Kasih sudah berkunjung di blog saya.....

    ReplyDelete