Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Macam-Macam Istilah Terapi

Terapi (dalam bahasa Yunani: θεραπεία), atau pengobatan, adalah remediasi percobaan dengan masalah kesehatan, biasanya setelah pasien didiagnosis. Di bidang medis, terapi identik dengan kata "pengobatan". Di antara psikolog, istilah ini mungkin merujuk secara khusus untuk psikoterapi atau "terapi bicara".

Terapi suportif atau pendukung adalah pengobatan yang diarahkan untuk menjaga integritas fisiologis atau fungsional pasien sampai pengobatan yang lebih definitif dapat dilaksanakan, atau sampai daya penyembuhan pasien berfungsi untuk meniadakan kebutuhan perawatan lebih lanjut.

Terapi pencegahan atau terapi profilaksis adalah pengobatan yang dimaksudkan untuk mencegah kondisi medis semakin parah. Sebagai contoh, banyak vaksin yang dapat mencegah penyakit menular.

Terapi paliatif atau terapi simptomatik adalah pengobatan yang diarahkan hanya untuk menghilangkan gejala pasien, membuat pasien merasa lebih baik tanpa harus mengubah perjalanan alami penyakit. Agen analgesik seperti aspirin atau morfin memiliki efek paliatif.

Macam-Macam Istilah Terapi
Terapi kuratif atau terapi spesifik adalah pengobatan yang diarahkan untuk pemberantasan satu atau lebih penyebab kondisi pasien. Obat antimikroba seperti penisilin memiliki efek kuratif.

Terapi substitutif atau penggantian adalah pengobatan yang diarahkan untuk memasok bahan yang biasanya hadir dalam tubuh, tetapi tidak ada dalam pasien tertentu karena penyakit, cedera, kekurangan bawaan, dll. Hormon adrenokortikal digunakan dalam pengobatan pasien penyakit Addison adalah salah satu contoh terapi substitutif.

Terapi primer adalah pengobatan pertama untuk penyakit atau kondisi. Pada pasien dengan kanker, terapi primer dapat berupa pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, atau kombinasi dari terapi tersebut. Juga disebut pengobatan primer dan terapi lini pertama.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment