Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Obati berbagai Penyakit dengan Tanaman Ciplukan

Ciplukan adalah tanaman herbal yang banyak tumbuh di daerah tropis. Ciplukan biasanya tumbuh begitu saja di wilayah yang bertanah lembab, namun tidak becek. Tanaman ciplukan tumbuh tegak dengan tinggi 30 cm sampai 50 cm. Batangnya berwarna hiau persegi, dan bercabang. Daun berseling dan berlekuk, bertangkai 7-25 mm, dengan bentuk bulat telur memanjang dan ujungnya lancip. Bunga buah keluar dari pangkal, buahnya berbentuk seperti lampion atau lentera, bila sudah masak berwarna kuning, rasanya manis agak keasam-asaman. 

Tanaman ciplukan (Physalis angulata L.) memiliki banyak khasiat menyembuhkan anek penyakit, antara lain kencing manis (diabetes), batuk rejan (pertusis), radang saluran napas (bronchitis), dan gondongan (paroritis).

Selain itu juga tanaman ciplukan dapat mengobati influenza, sakit tenggorokan, epilepsi, membunuh sel kanker, rematik, penyakit kulit dan lain-lain.

Hasil penelitian modern, menunjukkan hasil yang luar biasa karena tanaman ini dapat menghambat pertumbuhan sejumlah virus. Virus tersebut antara lain herpes simpleks I, campak HIV-1, polio virus 1, dan hepatitis B.

Steroid alami yang ditemukan dalam buah ciplukan dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan beberapa studi kanker menunjukkan ramuan mampu membunuh berbagai sel ganas in vitro. Dalam sebuah penelitian, ciplukan menunjukkan sitotoksisitas yang kuat terhadap sel-sel kanker ginjal, sedangkan ekstrak tanaman ini juga ditemukan dapat mengurangi ukuran tumor kanker pada tikus dengan leukemia lymophocytic.

Manfaat daun ciplukan terhadap virus juga telah diteliti di Jepang. Hasilnya, ciplukan memiliki tindakan tegas terhadap herpes simpleks I, campak, HIV-1 dan polio virus 1. Ditemukan bahwa ciplukan menunjukkan efek penghambatan reverse transcriptase. Reverse-transcriptase inhibitor adalah kelas obat antiretroviral digunakan untuk mengobati virus seperti HIV dan hepatitis B.

Obati berbagai Penyakit dengan Tanaman Ciplukan


Berikut cara mudah siapkan tanaman ciplukan untuk obat diabetes :
  1. ambil seluruh pohon ciplukan termasuk akar
  2. Cuci hingga bersih
  3. potong semuanya dengan ukuran 3-4 cm. ambil kira-kira seberat 9-15 gram.
  4. Rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Perebusan dilakukan hingga air tersisa 1 gelas.
  5. Setelah dingin disaring. Minum sekaligus pada pagi hari. Ampasnya bisa direbus lagi untuk diminum sore hari.

sumber : Majalah sains Indonesia
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment