Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Obat Radang Tenggorokan

Hampir semua orang pasti pernah mengalami namanya radang tenggorokan. Radang tenggorokan baik ringan maupun berat pasti mengganggu aktivitas sehari-hari seperti makan, berbicara dan lain-lain . Oleh karena itu mengobati radang tenggorokan sangatlah diperlukan, jadi disini agan akan memberikan tips cara mengobati radang tenggorokan yang ampuh dengan menggunakan bahan yang alami sampai menggunakan obat-obatan kimia. Tapi sebelumnya kita cari tahu dulu penyebab radang tenggorokan.

Obat Radang Tenggorokan

Penyebab dan Gejala Radang Tenggorokan

Penyebab radang tenggorokan biasanya ditimbulkan oleh bakteri streptococcus. Bakteri jenis ini menular melalui udara ketika seorang penderita batuk maupun bersin. Maka berhati-hatilah bagi anda yang berada di sekitar teman yang sedang menderita sakit tenggorokan. Tidak hanya itu bakteri streptococcus juga bisa menyerang melalui jalan makanan, minuman atau benda-benda yang telah terinfeksi oleh bakteri ini.

Penyebab lainnya munculnya sakit radang tenggorokan adalah yaitu infeksi virus. Jika radang tenggorokannya disebabkan oleh hal ini maka untuk mengatasinya adalah memperbaiki system imun tubuh.

radang tenggorokan bisa juga disebabkan karena alergi, udara kering, dan polusi udara, serta beberapa penyakit seperti batuk, pilek, flu, campak, cacar air dan sesak napas.
Gejala yang biasa dialami oleh para penderita radang tenggorokan yaitu:
§  Terasa sakit pada tenggorokan.
§  Pembengkakan pada amandel dan menjadi merah.
§  Adanya bintik merah kecil lebih dari satu di belakang atap mulut.
§  Susah jika menelan.
§  Pembengkakan pada kelenjar getah bening leher.
§  Disertai demam sakit kepala, dan badan terasa lelah.

A. Pengobatan alami mengobati Radang tenggorokan

1.      Berkumur dan minum air garam

Berkumur dengan air garam sangat efektif dan cepat melegakan sakit tenggorokan. Dan air garam juga dapat menghilangkan panas dalam ketika anda meminumnya. Seperti yang kita ketahui panas dalam adalah satu penyebab sakit tenggorakan ini. Dan juga garam ini berfungsi sebagai antiseptik, yang dapat membersihkan lendir di tenggorokan dan menghilangkan rasa sakit yang ada. Sebelum berkumur, pastikan air dalam suhu hangat dan cukup nyaman. Kemudian, tambahkan setengah sendok teh garam dan aduk hingga rata. Berkumurlah setidaknya 3 kali sehari, dan setelah berkumur, minum lagi air garam yang baru.(jangan minum air bekas kumuran).

2.  Madu sering digunakan karena kemampuan anti-bakterialnya membantu proses pengobatan. Sedangkan lemon juga berguna untuk mengobati sakit tenggorakan. Jika anda mengkombinasikan keduanya pasti akan lebih efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk anda. 

3.       Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang bernama allicin yang merupakan zat pembunuh bakteri. Cara menggunakannya gampang sekali, anda tinggal kunyah beberapa bawang putih tersebut, dan diamkan dalam tenggorokan anda selama beberapa menit, setelah itu kumur dengan air hangat. (dilanjutkan dengan minum teh jahe, atau campuran madu dan lemon)
Tambahan informasi : bawang di kunyah dalam keadaan mentah, bukan yang sudah dimasak.

4.      Teh jahe

Kandungan zingiberin pada jahe membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Khasiat anti-inflamasi dalam jahe juga membantu membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Untuk menikmati minuman berkhasiat ini, cukup iris beberapa ruas jahe dan nikmati dengan secangkir teh hangat. 

5.      Buah belimbing

Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Untuk menggunakannya dapat dikonsumsi secara langsung, ataupun di buat jus (tanpa gula). 

B. Pengobatan radang tenggorokan dengan menggunakan obat kimia.

1.      Degirol (Darya-Varia Laboratoria)

Degirol

Tiap tablet hisap mengandung Dequalinium chloride 0,25 mg (1,1’-Decamethylenebis-(4-aminoquinaldinum chloride). Bahan aktif ini merupakan suatu bahan antibakteri dan antijamur yang efektif untuk membunuh berbagai bakteri gram positif dan negatif, Borelia vincenti, Candida albicansdan bakteri yang resisten terhadap antibiotika. Tablet hisap DEGIROL untuk sakit tenggorokan serta mencegah infeksi pada selaput lendir mulut. Dengan rasa jeruk sitrun dapat diberikan baik kepada anak-anak maupun dewasa.
Indikasi: sakit tenggorokan; peradangan pada rongga mulut dan tenggorokan seperti gingivitis, periodontis, pharyngitis, laringytis dan angina; infeksi selaput lendir mulut seperti stomatitis.
Obat ini dikontraindikasikan bagi penderita yang hipersenstif terhadap dequalinium klorida. Juga, hindari pemakaian jangka panjang dan berulang-ulang.
Aturan pakai: satu tablet dibiarkan melarut perlahan-lahan di dalam mulut. Ulangi setiap 3-4 jam, atau sesuai dengan petunjuk dokter. Dan ingat, jangan melebihi 8 tablet sehari.
2.      FG Troches (Meiji Indonesia)

FG Troches

Isinya antibiotik yaitu Fradiomisin dan Gramisidin. Wah antibiotik, bisa lebih ketat donk pemakaiannya? Ya emang, tapi lebih manjur. Lagian kedua antibiotik buat bakteri-bakteri lokal kok, jadi gak bahaya-bahaya amat. Mekanisme kerjanya lokal, bukan sistemik. Jadi dibiarkan kontak yang sering antara obat dengan “tempat infeksi dimana bakteri bersarang”. Jadi di emut, seperti ngemut permen.
Bentuk: sublingual tablet (kayak permen polo)
Indikasi: Gingivitis (radang gusi), stomatitis (radang rongga mulut), pharyngitis (radang faring/tekak), bronchitis (radang bronkhus/cabang tenggorok), tonsillitis (radang tonsil/amandel), Vincent’s angina (radang selaput lendir mulut dengan tukak berselaput), pharyngeal diphtheria, periodontitis of wisdom tooth (periodontitis geraham bungsu).
Dosis: 1 atau 2 troches, sedangkan untuk anak-anak 1 troches. Bisa dipakai 4-5 kali                     sehari.
Pemberian: Troches harus diemut dalam mulut atau di bawah lidah.
Kontraindikasi: jangan diberikan kepada pasien yang mempunyai riwayat reaksi hipersensitivitas pada komponen obat. Atau pasien yang mempunyai riwayat reaksi hipersensitivitas terhadap aminoglikosida seperti streptomsin, kanamisin, gentamisin, fradiomisin dan basitrasin.
Famakologi:
Fradiomisin dan gramisidin adalah antibiotik yang berakasi sebagai bakterisida (membunuh bakteri), aktif pada  terhadap Staphylococci.
Perhatian dan peringatan:
1.   Sebelum menggunakan produk ini, sebagai aturannya, cek dulu sensitivitas bakteri untuk mencegah perkembangan resistensi bakteri. Periode pemberian harus dihindari pada persyaratan minimum (Before use of this product, as a rule, confirm bacterial sensitivity to prevent development of resistant bacteria. The period of administration should be restricted to within the minimum requirement).
2.   Jangan berikan troches lebih dari 1 minggu (Do not administer the troches for more than a week).
3.      Jangan dilanjutkan pengobatan jika terjadi reaksi hipersensitivitas (Discontinue treatment upon the onset of hypersensitivity reaction).
4.     Penggunaan pada usia lanjut (Use in ederly). The product should be administered carefully to elderly patients, since adverse reactions such as avitaminosis are likely to occur.
Reaksi yang tidak diinginkan:
Black hairy tongue, oral mucosal redness, glossitis may infrequently occur. Rarely, symptoms of vitamin K deficiency, such as protrombinemia and bleeding tendency and of vitamin B deficiency, such as glossitis, stomatitis, anorexia and neuritis, may occur. These symptoms are likely to occur in poorly nourished, aged or emaciated patients.
Simpan pada tempat yang dingin dan kering (15 – 30 derajat Celsius).
Catatan : harus dengan resep dokter
3.      Strepsils (Reckitt Benckisser Healthcare Mfg., Thailand)

Strepsils

Berbeda dengan yang lain yang merupakan kategori obat, yang satu ini merupakan permen/kembang gula. Strepsils mengandung zat yang dapat membantu melegakan mulut dan tenggorokan. Dapat digunakan oleh anak-anak maupun dewasa. Satu butir Strepsils dibiarkan melarut perlahan-lahan dalam mulut. Namun, perlu diperhatikan juga pada anak-anak bisa menyebabkan tersedak.
Komposisi Strepsils yaitu 2,4-diklorobenzyl alkohol (dibenzal) 1,2 mg, amylmetakresol 0,6 mg, minyak pepermint, minyak terpeneless lemon, asam tartrat, sukrosa, glukosa cair, madu.  Kok bisa berwarna kuning mas? Iya soalnya mengandung pewarna Quinolin (Cl 47005) dan air. Tenang, ini pewarna yang aman kok.

Sumber :
manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/09/obat-radang-tenggorokan-tradisional.html
moko31.wordpress.com/2009/06/04/sakit-tenggorokan-apa-obatnya/
mediskus.com/penyakit/cara-ampuh-mengobati-radang-tenggorokan.html
sehatsatu.com/cara-menyembuhkan-radang-tenggorokan/

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment