Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Ada Apa dengan Miras Oplosan ?

Ingat peristiwa yang terjadi di Indonesia  awal Desember 2014 lalu, dimana 15 pemuda asal Garut Tewas seketika akibat meminum miras oplosan. Duh, Prihatin sekali mendengar kejadian tersebut.  Hidup mereka menjadi sia-sia karena minuman itu. Apa sebenarnya minuman Keras itu ? Mengapa banyak orang suka minuman tersebut ? padahal sudah banyak yang menjadi korban akibat minuman tersebut.
Apa Minuman keras oplosan itu ?
Minuman keras oplosan adalah minuman yang mengandung campuran etanol, metanol, dan beberapa jenis minuman berenergi dan kadang kala di tambah dengan lotion anti nyamuk bahkan cairan desinfektan. Dilihat kandungannya saja kita sudah tahu betapa bahayanya minuman tersebut. Tetapi mengapa masih ada saja orang meminumnya ?
Pada dosis kecil, minuman keras yang mengandung alkohol saja nampaknya memang memiliki efek yang “menguntungkan” yaitu menghangatkan badan dan membuat orang lebih berani dan salah satu jalan pilihan untuk lari dari permasalahan hidup merupakan sedikit alasan mengapa alkohol banyak digunakan dalam berbagai situasi sosial.
Tapi itu semua hanyalah godaan buat manusia. Bagaimanapun Miras tetap akan berakibat buruk bagi tubuh kita karena banyak efek negatifnya bagi tubuh kita. Agama Islam saja mengharamkan umatnya untuk meminum miras, karena dari minuman itu lah, manusia bisa melakukan apa saja tanpa mampu berfikir lagi.
Ada Apa dengan Miras Oplosan ?

Apa Efek alkohol  dalam jangka pendek ?
Ketika seseorang minum minuman beralkohol, alkohol akan diserap melalui lambung dan masuk ke saluran darah dan tersebar ke seluruh jaringan tubuh. Efek alkohol tergantung pada berbagai faktor, yaitu usia, jenis kelamin, berat badan dan lain-lain. Efek pengunaannya dalam dosis kecil-sedang meliputi : pusing dan meracau, bisa sampai mual dan muntah. Alkohol dapat menganggu kemampuan koordinasi dan pengambil keputusan yang diperlukan saat menyetir mobil dan beraktifitas lainnya.

Efek alkohol dalam jangka panjang ?
Pengunaan alkohol berat dapat menyebabkan kecanduan (adiksi). Penghentian secara tiba-tiba dapat menyebabkan gejala putus-alkohol, seperti kecemasan berat, gemetar, halusinasi, kejang-kejang dan lain sebagainya. Efek bagi tubuh adalah akan banyak merusak organ tubuh terutama hati dan otak. Jika diminum oleh ibu-ibu yang sedang hamil, akan meningkatkan risiko melahirkan bayi yang mungkin akan mengalami retardasi mental dan abnormalitas fisik lain yang tidak bisa dikoreksi.

Trus apa yang terjadi jika miras yang mengandung alkohol dicampur dengan bahan lainnya seperti metanol ?
Etanol dan metanol merupakan senyawa kimia yang tergolong sebagai senyawa alkohol.  Yang membedakannya adalah rumus kimianya, jika etanol adalah C2H5OH, metanol berumuskan CH3OH. Etanol adalah senyawa alkohol yang biasa terdapat dalam minuman beralkohol dan bisa dari hasil fermentasi buah-buahan atau gandum. Sedangkan metanol bukan untuk dikonsumsi karena sifatnya yang lebih beracun dan biasa dipakai untuk bahan bakar.

Apa yang terjadi pada metanol di dalam tubuh manusia ?
Paparan metanol dapat terjadi melalui hirupan, oral (tertelan), dan juga kulit lalu masuk ke dalam organ tubuh. Konsentrasi tinggi terdapat dalam darah, cairan tubuh, empedu, otak, ginjal, paru-paru dan limfa.  Didalam hati, metanol akan dioksidasi menjadi formaldehid (formalin) dengan bantuan enzim alkohol dehydrogenase dan kemudian dimetabolisir lebih lanjut menjadi asam format oleh enzim formaldehid dehidrogenase.

Mekanismes toksisitas metanol
Efek toksis racum metanol terutama disebabkan oleh pembentukan asam format.  asam format yang terdapat dalam  saraf mata dapat menyebabkan cedera pada retina mata salah satunya menyebabkan gejala visual seperti tidak tahan terkena cahaya (fotofobia), pandangan kabut, sampai pada kebutaan.

Cara Mengobati diri jika terkena paparan metanol
1. Jika terkena mata, maka cuci mata dengan cairan pencuci mata yang umum digunakan, sedikitnya 10-15 menit.
2. Jika terkena kulit, segera cuci daerah yang terkena dengan air hangat dan sabun selama 10-15 menit
3.Jika terhirup maupun tertelan, segera minta bantuan tenaga kesehatan terdekat.

Itulah tadi penjelasan lebar tentang miras oplosan. Yang patut kita pahami adalah bahwa  dari segi kesehatan miras dilarang untuk dikonsumsi dikarenakan banyak efek negatifnya untuk tubuh. Mari kita jaga diri kita maupun orang lain dari bahaya minuman keras. Salam sehat.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment