Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

13 Senjata Ampuh Cegah Demam dan Flu

Demam adalah kondisi temperatur tubuh mengalami kenaikan dari temparatur normal, yakni di atas 36-37 derajat celsius jika diukur melalui dubur (anus). Sedangkan flu merupakan gejala berupa gangguan pernapasan karena terjadi sumbatan pada hidung, bersin-bersin, dan dihasilkannya ingus (lendir dari hidung).

Nah, agar tidak terserang kedua penyakit tersebut, berikut 13 tips ampuh untuk Anda coba :

1. Rajin Mencuci tangan

Flu dan demam datang menyerang akibat virus dan bakteri yang amat mudah menyebar melalui berbagai cara. Dari seseorang yang bersin dan tangannya bersentuhan dengan kita pun bisa menularkan penyakitnya kepada kita. Karena itulah mencuci tangan menjadi teramat penting sebagai langkah pencegahan.

2. Hati-hati saat batuk dan bersin

Karena bakteri dan virus aat mudah melekat ke tangan, hindari menutup mulut dengan menggunakan tangan saat sedang batuk atau bersin. Lebih baik gunakan saja tisu atau sapu tangan dan langsung buang tisu dengan segera. Dan, palingkan kepala dari orang di dekat anda saat sedang batuk.

13 Senjata Ampuh Cegah Demam dan Flu

3. Hindari Menyentuh wajah

Jangan sering menyentuh wajah. Sebab, kuman penyakit mudah masuk ke tubuh lewat mata, hidung, dan mulut.

4. Banyak minum air putih

Air putih membantu menyapu bersih racun-racun dalam tubuh serta membantu menggantikan cairan yang hilang. Minumlah air putih paling sedikit 8 gelas sehari untuk mengetahui cukup tidaknya cairan yang masuk, lihat warna urine saat buang air kecil, jika jernih, berarti anda sudah cukup minum air putih dan sebalinya jika keruh.

13 Senjata Ampuh Cegah Demam dan Flu

5. Nikmati Mandi sauna

Suatu penelitian di Jerman pada tahun 1989 menemukan adanya manfaat mandi sauna untuk mencegah flu dan demam. Orang yang mandi sauna 2 kali seminggu berkurang resiko terserang demam hingga separonya, dibandingkan yang tidak pernah.

6. Hiruplah udara segar

Menghirup udara segar di luar rumah secara teratur sangat membantu tubuh untuk bisa kebal dari serangan kuman penyakit.

7. Jangan lupa beraerobik

Beraerobik secara teratur mempercepat kerja jantung memompa darah dalam jumlah besar. Kondisi ini membuat membuat kita lebih mudah dan lebih cepat bernapas sehingga oksigen cepat disalurkan ke darah. Aerobik pun meningkatkan kemampuan tubuh membunuh virus penyakit secara alami.

8. Makan makanan berphytochemical

Phyto berarti tetumbuhan dan zat-zat kimia alami dalam tumbuhan yang merupakan sumber vitamin. Ini bisa didapatkan jika kita banyak memakan sayuran hijau, merah, dan kuning serta buah-buahan.

9. Dapatkan Manfaat yougurt

Beberapa studi menunjukkan, mengonsumsi satu cangkir yogurt rendah lemak setiap hari dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan flu hingga 25 persen. Ini diduga erat kaitannya dengan bakteri ”baik” dalam yogurt yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan berbagai substansi kimia untuk memerangi penyakit.

13 Senjata Ampuh Cegah Demam dan Flu

10. Jangan merokok

Statistik menunjukkan perokok berat umumnya lebih sering terserang flu parah. Bahkan, berada di sekitar orang yang merokok pun mengurangi sistem kekebalan tubuh. Sebab, asap rokok membuat saluran pernapasan kering dan melumpuhkan silia, bulu-bulu dalam selaput lendir di hidung dan paru-paru. Padahal, bulu-bulu itulah yang bekerja menghalau virus penyebab flu dan demam dari saluran pernapasan. Satu batang rokok saja sanggup melumpuhkan silia 30 menit hingga 40 menit.

11. Hindari minuman beralkohol

Alkohol dapat merusak fungsi hati, organ utama yang bekerja sebagai penyaring racun tubuh. Akibatnya berbagai jenis virus dan bakteri tetap bersarang dalam tubuh karena hati tidak berfungsi baik, sehingga tubuh menjadi lebih mudah terinfeksi.

12. Cobalah berelaksasi

Dengan berelaksasi, sistem kekebalan tubuh menjadi aktif. Interleukin, salah satu komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh yang berperan memerangi virus demam dan flu, menjadi meningkat di dalam aliran darah melalui relaksasi. Caranya mudah, cobalah untuk berlatih membayangkan semacam gambaran berupa sesuatu yang menenangkan, lakukan selama 30 menit setiap hari.

13. Cukup Istirahat

Salah satu juga tidak boleh terlupakan adalah cukup beristirahat. Ini akan membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hasilnya tubuh pun tidak mudah terserang flu dan demam.

Demikianlah 13 Senjata Ampuh Cegah Demam dan Flu. Ayo kita terapkan cara-cara diatas dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita dapat terhindar dari serangan flu dan demam. Salam Sehat.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment