Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Pilihan Diet Sesuai Kebutuhan

Seperti halnya trend dalam bidang fasion, diet juga mengenal berbagai macam trend. Pada suatu waktu, orang dilanda “demam”Diet Macan (Tiger Diet). Pada saat yang lain timbul trend Diet Combining dan Diet Liquid Food. Hal ini terjadi karena ada kecenderungan orang mencoba sesuatu yang baru, termasuk diet.

Diet yang paling enak

Orang punya kecenderungan untuk terus menerus memilih jenis diet yang dirasakan paling enak. Secara ilmiah, bila kita mengurangi asupan kalori dalam tubuh, maka otomatis berat badan pun akan turun. Menurunkan asupan kalori tubuh bisa dicapai dengan cara diet. Yang jadi masalah, apakah diet yang kita jalankan tersebut termasuk diet yang seimbang atau tidak ?

Yang dimaksud dengan diet seimbang adalah diet yang tetap memungkinkan kita untuk mengonsumsi semua nutrisi yang diperlukan tubuh  seperti karbohidrat, protein, mineral, lemak, serat, dan tentunya air. Jika diet yang kita lakukan mengurangi asupan salah satu nutrisi ini , maka diet tersebut termasuk diet tidak seimbang. Disarankan agar anda berhati-hati jika tertarik untuk melakukan diet yang dikategorikan sebagai diet tidak seimbang. Karena, bila tubuh dipaksa untuk terus menerus kekurangan salah satu zat gizi, maka lama-kelamaan akan timbul efek samping yang tidak baik untuk kesehatan. Bahkan dapat menimbulkan hal yang cukup serius, seperti kerusakan pada hati dan ginjal.

Dari beberapa macam jenis diet berikut, mungkin salah satunya cocok anda coba.

1. Diet Food Combining

Jenis diet ini kini termasuk sebagai salah satu yang paling populer di Indonesia. Jenis diet ini memungkinkan kita untuk mengonsumsi semua jenis makanan, hanya harus diperhatikan kombinasi antara bahan makanan yang satu dengan yang lainnya. Misalnya, karbohidrat tidak boleh dicampur dengan protein.

resiko : diet ini termasuk diet yang seimbang karena memperbolehkan anda untuk mengonsumsi semua bahan makanan, sehingga resikonya pun minimal.

2. Diet Cairan

Seperti halnya food combining diet cairan (liquid diet) ini pun cukup populer di Indonesia. Misalnya Herba life, Cambridge Diet, dan WRP. Pada diet ini, Anda diharuskan minum cairan yang mengenyangkan karena mengandung berbagai unsur nutrisi pada waktu yang ditetapkan.

Resiko : Sebenarnya, resikonya termasuk kecil. Karena selain minum cairan tersebut, Anda juga diperbolehkan mengonsumsi makanan seperti biasanya. Hanya, anda harus disiplin dalam meminumnya, baik dalam takaran maupun waktunya. Resiko lain yang muncul adalah timbulnya rasa bosan.

3. Diet Atkins

Diet ini pada dasarnya mengurangi seminimal mungkin kadar asupan karbohidrat (termasuk segala jenis nasi, kentang, dan roti). Diet ini juga mengutamakan asupan protein, terutaa dari daging sebagai menu utama.

Resiko : Diet ini termasuk diet tidak seimbang, karena nyaris menghilangkan karbohidrat dan menggantinya dengan protein. Resiko yang timbul adalah napas menjadi bau, terganggunya fungsi ginjal, bahkan timbulnya penyakit jantung.

4. Diet The Zone

Diet yang satu ini sangat populer di Amerika. Pada dasarnya, diet ini sejenis dengan diet Atkins yaitu mengurangi kadar karbohidrat sampai jumlah seminim mungkin dan juga mengurangi segala jenis bentuk gula. Yang diutamakan adalah protein dan lemak.

Resiko : Tentunya diet ini termasuk diet tidak seimbang. Resikonya adalah kekurangan asupan B kompleks, kalsium, dan potasium. Juga, terganggunya beberapa oragan tubuh seperti hati dan ginjal.

Tips Pilihan Diet Sesuai Kebutuhan

Tips Untuk anda yang ingin memulai program diet

a. Konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Juga, tidak ada salahnya mengunjungi ahli gizi untuk menentukan jenis diet yang sesuai dan aman bagi anda.

b. Kenali tujuan diet. Banyak orang menyangka bahwa tujuan utama diet hanyalah semata-mata menurunkan berat badan. Padahal, diet itu sendiri bisa dilakukan karena alasan lain. Misalnya, demi keselamatan, antara lain  diet untuk diabetes dan diet untuk penyakit jantung. Dengan mengenali tujuan diet yang anda lakukan, anda akan tahu bagaimana menjalankannya dengan benar.

c. Kenali efek sampingnya. Dalam menjalankan diet, selain mengetahui manfaatnya, anda harus pula mengenali efek samping yang mungkin timbul. Jadi, jika efek samping tersebut muncul, Anda sudah siap mengatasinya.

d. Kenali alternatifnya. Dalam menjalankan diet ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi dan ada yang harus dijauhi. Terkadang, kit tidak dapat menjalankannya terus menerus dengan tertib. Untuk itu, kenali alternatif dari makanan-makanan tersebut hingga diet tetap berjalan.

e. Jangan putus asa. Bisa jadi, ketika menjalankan diet berat badan tidak kunjung turun, jangan putus asa, karena hal ini adalah wajar. bagaimanapun juga tubuh perlu waktu untuk penyesuaian. Juga, patut diingat bahwa kemampuan tiap orang dalam menurunkan berat badan tidaklah sama.

Itulah Tips Pilihan Diet Sesuai Kebutuhan. Jadi bagi yang ingin diet, pilihlah diet yang paling sesuai dan aman untuk Anda. Salam Sehat.

sumber : lisa

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment