Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

10 Tips Menghilangkan Lelah, Lesu, dan Stres

Mungkin Anda sering merasa lelah, bahkan stres, setelah seharian bekerja, namun tidak memiliki cukup waktu untuk benar-benar beristirahat. Padahal, hanya diperlukan waktu beberapa menit untuk mengembalikan kebugaran Anda.

Berikut Tips menghilangkan Lelah, lesu dan stres ?

1. Akupresur

Metode dari Cina ini mampu untuk mengembalikan kebugaran serta semangat anda dengan cepat. Tekanlah beberapa titik di tubuh maupun wajah Anda, seperti titik di bawah bibir bagian bawah, titik di kening, dan samping batang hidung. Penekanan titik-titik tersebut dipercaya mampu menyeimbangkan energi di dalam tubuh dengan cara mengurangi stres dan meningkatkan energi.

10 Tips Menghilangkan Lelah, Lesu, dan Stres

2. Visualisasi

Ketika Anda lelah maupun stres, cobalah untuk melakukan latihan visualisasi. Duduk dalam posisi yang nyaman, pejamkan mata kemudian bernapaslah dengan teratur. Langkah selanjutnya adalah membayangkan suatu keadaan dimana anda merasa bahagia, nyaman, dan sehat. Selain itu, sugestikan sendiri bahwa Anda benar-benar merasa bahagia, nyaman, dan sehat pada saat ini juga. Lambat laun Anda akan menjadi lebih baik.

3. Pernapasan untuk otak

Terdengar Aneh ? sebenarnya yang dimaksud dengan istilah pernapasan untuk otak adalah melakukan latihan pernapasan untuk meningkatkan kadar oksigen ke dalam otak. Caranya adalah dengan tidur telentang dengan kedua lengan lurus disamping. Terik napas perlahan melalui hidung sambil mengembangkan diafragma perut. Keluarkan napas melalui hidung, dan biarkan dada dan perut mengempis. Latihan napas ini akan meningkatkan aliran oksigen ke otak sehingga anda akan merasa lebih segar dan fokus.

4. Jalan Tembok

Latihan sederhana ini sesuai untuk Anda yang merasa lelah setelah beraktifitas seharian. Lepaskan sepatu anda dan berbaringlah di lantai menghadap tembok. Naikkan kedua kaki ke tembok sehingga tubuh membentuk huruf L. Buat gerakan seolah-olah anda berjalan di tembok tersebut sambil menggeser-geserkan tubuh dan bokong. Dengal latihan ini, maka darah yang mengumpul di kaki akan menyebar ke tempat lain sehingga keletihan anda berkurang.

5. Olahraga satu menit

Lakukan satu gerakan olahraga, seperti sit-up atau push up selama satu menit. Walau tampak mudah, ini akan membantu anda merasa segar. Manfaat lainnya tentu kan merasa pada tubuh anda yang terasa lebih kencang.

10 Tips Menghilangkan Lelah, Lesu, dan Stres

6. Mandi Pancuran

Untuk menghilangkan kelesuan dengan seketika, mandi dengan shower atau pancuran sangatlah efektif .Mulailah mandi dengan menggunakan air hangat, kemudian gantilah mandi pancuran dengan air dingin. Awalnya, rasa dingin yang menerpa kulit terasa mengagetkan untuk sesaat. Tetapi, air dingin jusru sangat bermanfaat untuk menyegarkan Anda. Pilih aroma sabun atau shower gel yang menyegarkan seperti aroma lemon atau cemara.

7. Latihan Peregangan

Latihan peregangan sederhana, selain cocok dilakukan sebagai aktivitas pemanasan sebelum berolahraga, juga dapat membantu anda menyamankan otot-otot yang tegang. Lakukan peregangan ini dengan perlahan, dan jangan melakukan gerakan mengayun, menghentak atau gerakan terputus-putus untuk menghindari cedera otot.

8. Gunakan Humor

Gunakan humor jika anda sedang merasa tidak bersemangat. Membayangkan kejadian lucu, adegan film lucu, atau membaca buku-buku humor membantu Anda merasa lebih baik. Penelitian di University of California, Amerika Serikat menunjukkan bahwa humor sangat membantu mengurangi depresi, kemarahan serta rasa lelah sampai 50 persen.

9. Istirahatkan pikiran

Seringkali perasaan lelah muncul karena otak maupun indra lainnya dipaksa menerima berbagai bentuk informasi. Cobalah untuk menyingkirkan informasi tersebut selama beberapa saat. Matikan TV selama beberapa jam, singkirkan koran dan majalah, jika perlu matikan handphone anda. Duduklah dengan nyaman, dan lakukan latihan pernapasan dengan santai sambil mendengarkan musik yang menenangkan. Cara ini akan membantu anda menenangkan serta menjernihkan pikiran.

10. Pilih peppermint

Menurut penelitian, aroma peppermint bermanfaat menenangkan serta menyamankan perasaan. Setelah seharian lelah, cobalah untuk beristirahat sambil menghirup the hangat beraroma peppermint.

Demikianlah 10 Tips Menghilangkan Lelah, Lesu, dan Stres. Silahkan Anda mencoba salah satu diantaranya. Semoga rasa lelah, lesu dan stres yang anda alami berkurang bahkan menghilang. Selamat Mencoba. Salam Sehat.

sumber : lisa

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment