Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Peranan Omega 3 Bagi Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian mengenai omega 3 telah menunjukkan bahwa konsumsi omega 3 dapat memberikan perlindungan bagi kesehatan jantung dengan menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung koroner. Ada beberapa mekanisme yang dapat menjelaskan mengapa omega 3 menurunkan risiko penyakit jantung. Omega 3 mempunyai efek ringan terhadap penurunan tekanan darah. Selain itu Omega 3 memperbaiki profil lemak darah dengan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol, VLDL (Very Low Density Lipoprotein) dan senyawa-senyawa yang juga meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.
Efek uniknya dari omega 3 lainnya adalah menaikan kolesterol HDL sehingga membantu mengurangi dan mencegah timbunan plak pada pembuluh arteri jantung. Suatu penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 2 porsi ikan setiap harinya dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung koroner sebesar 40%. Resiko tersebut juga lebih rendah pada mereka yang mengonsumsi sejumlah porsi ikan dalam seminggu daripada mereka yang hanya mengonsumsi ikan dalam jumlah terbatas atau tidak sama sekali.
Penelitian Omega 3 yang dilakukan oleh Davidson terhadap 254 penderita hipertrigeliserida persisten mampu menurunkan profil lipid lebih baik bila ditambahkan pada terapi simvastatin, dibandingkan bila diberikan simvastatin tunggal. Penelitian dari Yam juga membuktikan bahwa omega 3 menurunkan hiperlipidemia, hiperinsulinemia dan hipertensi pada pasien kardiovaskular. Konsumsi 1-2 soft capsule akan melindungi kesehatan jantung langsung dari mekanisme dasar biomedisnya.
Peranan Omega 3 Bagi Kesehatan Jantung
Peranan Omega 3 sebagai antiinflamasi
Omega 3 memiliki sifat sebagai antiinflamasi yang mana bermanfaat untuk kondisi seperti asma, psoriasis eksim dan radang sendi. Mekanisme Omega 3 sebagai antiinflamasi , yakni secara kompetitif menghambat perubahan asam arakidonat menjadi mediator pro-inflamasi, menghambat jalur 5-LOX (lipooksigenase) yang berperan penting dalam pengubahan asam arakidonat menjadi leukrotien dalam neutropil dan monosit serta dapat menekan transduksi (penghantaran) sinyal yang diperantarai oleh phospolipase C.
Penelitian mengenai Omega 3 yang dilakukan oleh Lieslie terhadap 34 pasien yang menderita atritis rheumatoid. Pemberian omega 3 mampu menurunkan gejala-gejala seperti kekakuan pada pagi hari dan nyeri, mampu menurunkan ketergantungan pada obat penghilang rasa sakit serta mampu menurunkan faktor resiko kardiovaskular pada pasien yang menderita artritis rheumatoid. Penelitian lain yang dilakukan oleh Joseph Charles Maroon menunjukkan bahwa omega 3 memiliki sifat antiinflamasi dan dapat digunakan sebagai alternatif obat-obat NSAID. Penelitian ini dilakukan terhadap 250 pasien pada bulan Maret sampai Juni 2004.
Peranan Omega 3 Bagi Kesehatan Jantung

Sumber :
  • Yam D., et al.,2002. Omega 3 Fatty acids reduce hyperlipidemia, hiperinsulinaemia dan hypertension in cardiovaskular patients. J. Clin. Basic. 5:229-31
  • Leslie G. Cleland et al. 2006. Reduction of cardiovaskular risk factors with longterm fish oil treatment in early rhematoid arthiritis, J rheumatol 33 : 1973-9
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment