Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Omega-3 Turunkan Resiko Diabetes Tipe 1

Dalam publikasi Journal of American Medical Association (JAMA) menyebutkan bahwa “diabetes melitus tipe 1 merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan rusaknya sel-sel beta yang memproduksi insulin dalam pankreas. Meskipun tidak diketahui apa yang memicu proses autoimun, dipercaya bahwa faktor genetik dan lingkungan berkontribusi terhadap proses penyakit.
Mereka juga menjelaskan bahwa beberapa faktor makanan berkaitan dengan mula diabetes tipe 1, begitu juga proses autoimun yang akhirnya berujung pada penyakit tertentu.
Studi ini melibatkan 1.770 anak-anak selama periode 1994-2006, mereka semua beresiko tinggi terkena diabetes tipe 1. Untuk dikategorikan berisiko tinggi, anak-anak tersebut memiliki saudara kandung atau orang tua yang menghidap diabetes atau memiliki genotip Human Leukocyte Antigen (HLA) beresiko tinggi diabetes.
Mereka semua diperiksa kembali rata-rata 6,2 tahun kemudian. Autoimun pankreas diperiksa dalam kaitannya dengan asupan asam lemak tidak jenuh ganda yang dimulai sejak usia 1 tahun. Sumber utama asam lemak tak jenuh ganda dari laut adalah ikan. Peneliti mengukur makanan anak-anak menggunakan kuesioner frekuensi makanan.
Omega-3 Turunkan Resiko Diabetes Tipe 1
Sebuah studi cohort yang melibatkan 244 anak-anak juga dilakukan dimana diukur resiko diabetes (IA) akibat kandungan asam lemak tak jenuh ganda pada membran eritrosit (bagian terluar dari sel darah merah). Setelah ditindaklanjuti, 58 anak menjadi positif IA. Menyesuaikan tipe HLA, prevalensi diabetes tipe 1 dalam keluarga, total kalori yang diminum dan total asam lemak omega-6, total asam lemak omega-3 menurunkan resiko IA sebanyak 55 %. Hubungannya bahkan lebih kuat ketika hasilnya didefinisikan terbatas kepada mereka yang positif dua atau lebih autoantibodi.
Dari hasil penelitian yg telah dilakukan, JAMA menyarankan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 yang lebih banyak dapat menurunkan resiko diabetes pada anak –anak beresiko tinggi diabetes tipe 1 secara genetik.
sumber : rumah diabetes
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. omega 3 memang sudah diteliti banyak sekali manfaatnya. Saya ga sangka bisa menurunkan resiko diabetes.

    ReplyDelete
  2. Jangan lupa kunjungi website kami di http://goo.gl/IengJT

    ReplyDelete