Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Menjaga Kesehatan Mulut

Menggosok gigi
Cara menggosok gigi yang benar cukup dengan dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Tidak perlu menggosok gigi berulang kali setiap sehabis makan. Jika memang ada sisa-sisa makanan yang sulit dibersihkan , sebaiknya gunakan dental floss( benang halus untuk gigi), jangan menggunakan tusuk gigi, karena tusuk gigi terbuat dari bahan yang keras sehingga bisa membuat gusi berdarah. Setelah memakan coklat atau gula-gula, segeralah berkumur untuk menghindari sisa-sisa coklat atau gula-gula yang menempel pada permukaan gigi.

Karies Gigi atau gigi berlubang


Menjaga Kesehatan MulutKaries gigi merupakan masalah terbesar yang sering menyerang gigi. Untuk mencegah agar gigi tidak berlubang, caranya harus menggosok gigi dengan benar mengurangi konsumsi makanan yang terlalu manis, dan mengunakan pasta gigi yang mengandung flouride.
Perhatian juga gigi kau satu per satu, apakah ada titik hitam yang merupakan tanda dari karies gigi. Jika menemukan titik hitam pada gigi, segera kedokter gigi, jangan tunggu sampai gigi terasa sakit, sehingga karies gigi dapat dicegah dan gigi tidak perlu dicabut.
Selain memperhatikan ada tidaknya titik hitam pada gigi, perhatikan juga apakah ada noda pada gigi.
Jika terdapat noda putih kekuningan pada gigi, cobalah untuk menggosok gigi. Bila noda tersebut hilang, berarti gigi tersebut sebelumnya terkena plak. Oleh sebab itu , agar plak tidak muncul kembali ,maka menggosok gigi harus lebih bersih dan dengan menggunakan dental floss.
Menjaga Kesehatan Mulut


Jika noda putih kekuningan pada gigi tidak hilang setelah menggosok gigi, berarti gigi tersebut terkena kalkulus ringan atau karang gigi ringan.Segera berkunjung ke dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi tersebut.
Menjaga Kesehatan Mulut

Jika terdapat noda kuning kecoklatan pada gigi (sering menyerang pada gigi depan permukaan dalam), itu tandanya gigi tersebut terkena kalkulus lebih berat . Sering ditemukan pada perokok.
Jika dibiarkan, lama-lama akan menjadi semakin banyak dan tidak hanya menyerang gigi, tetapi dapat menyerang tulang gigi. Jadi Segera berkunjung ke dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi tersebut.

Khasiat Flouride
Pasta gigi yang mengandung flouride tidak hanya menyegarkan nafas, tetapi memiliki peranan penting untuk melindungi kesehatan gigi. Flouride dapat melindungi jaringan email, yang merupakan jaringan terluar pada gigi. Pemberian sejumlah flouride pada jaringan email dapat mengurangi daya larut terhadap asam . Terbukti bahwa dengan pemberian flouride dapat merubah flora bakteri dalam mulut dan meningkatkan resistensi terhadap karies gigi.Selain bisa didapar dari pasta gigi, flouride juga dapat diperoleh dari ikan laut, terutama yang berduri lunak seperti ikan teri.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment