Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Mengenal Masalah Gusi

Masalah gusi ternyata banyak juga dikeluhkan oleh sebagian besar orang. Mulai dari gusi bengkak, gusi berdarah , juga perubahan warna pada gusi.
1. Pembengkakan pada gusi memang sering terjadi, antara lain :
a. Pembengkakan gusi karena gigi geraham bungsu yang akan kelua, biasanya disertai dengan demam. Tetapi tidak perlu panik, setelah gigi geraham bungsu keluar sempurna, pembengkakan pun akan berhenti.
b. Pembengkakan gusi akibat penimbunan sisa makanan. Ini terjadi jika kamu kurang memperhatikan keadaan gigi. Sisa makanan dapat masuk melalui sela-sela gigi ataupun masuk ke dalam gigi yang berlubang yang mengakibatkan pembengkakan gusi .
c. Pembengkakan pada gusi akibat bernafas melalui mulut menyebabkan mukosa gigi menjadi kering, dikarenakan berkurangnya air liur yang berfungsi menjaga kelembaban dan melindungu gusi dari bakteri, maka gusi mengalami pembengkakan.
Mengenal Masalah Gusi


2. Gusi berdarah biasanya disebabkan banyak faktor, antara lain :
a. Pendarahan yang diakibatkan kekurangan Vitamin C
b. Terlalu keras menggosok gigi
c. Terkena tusuk gigi, tertusuk duri ikan, faktor-faktor tersebut merupakan keadaan normal yang terjadi.
d. Jika gusi berdarah dengan sendirinya, tanpa penyebab diatas, ini perlu berhati-hati , karena seringnya terjadi pendarahan pada gusi merupakan tanda awal peradangan pada gusi.

Warna gusi
Jika diperhatikan, apa warna gusi kamu ?
- jika gusi kamu berwarna merah muda, kamu tidak perlu cemas, karena gusi kamu normal
-Jika gusi kamu berwarna lebih merah atau bahkan merah kebiruan, kamu perlu waspada, karena gusi kamu mengalami peradangan yang serius.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment