Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut memang menjadi masalah. Masalah dalam Pergaulan, juga masalah kesehatan. Sebab, bau mulut merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan badan kita. Penyebab bau mulut yang paling umum terjadi adalah gigi. Gigi termasuk oragan tubuh yang kurang diperhatikan dengan baik. Kecenderungan malas berobat ke dokter gigi dan perasaan gamang pada pencabutan gigi,masih menghinggapi banyak orang . Padahal gigi berlubang yang tidak terawat dengan baik akan membentuk abses (gumpalan nanah ). Juga karena karang gigi atau plak. Bakteri yang hidup dikarang gigi, akan memetabolismekan jaringan-jaringan mati yang akhirnya akan menimbulkan keluar bau yang tidak sedap dari mulut.
Kadangkala, bau mulut disebabkan oleh gusi yang tidak sehat, terutama bila mengusap bagian antara gigi dan gusi menimbulkan bau yang tidak sedap. Biasanya masalah yang menyebabkan bau mulut adalah gusi berdarah atau sela-sela gigi tidak bersih, gigi palsu yag dipakai pada malam hari dan kurang dibersihkan, dan kurangnya produksi air liur menyebabkan metabolisme sel-sel rongga mulut mengalami perubahan.
Mengatasi Bau Mulut
Bagaimana Mengatasinya :
  1. Periksakanlah gigi ke dokter gigi secara teratur setiap enam bulan sekali.
  2. Bersihkan sela-sela gigi dengan dental floss, pilih yang netral tanpa pengharum, periksalah baunya dan bersihkan lagi jika berbau.
  3. Gosok gigi dan bersihkan gusi secara teratur serta bersihkan lidah dengan pengerok lidah.
  4. Banyak-banyaklah minum.
  5. Kunyahlah permen karet bebas gula selama satu hingga dua menit, terutama bila mulut terasa kering. Bisa juga mengunyah daun petersell, bunga cengkih, atau biji adas.
  6. Gosoklah gigi setiap 8 jam sekali.
  7. Malam hari, rendamlah gigi palsu dengan cairan antiseptik, kecuali bila dokter gigi melarang.
  8. Tanyakan kepada dokter gigi, obat kumur mana yang secara klinis telah terbukti efektifitasnya dalam melawan bau mulut. Paling tidak menggunakannya di saat hendak tidur.
  9. Makanlah lalapan dan sayuran yang berserat.
  10. Jangan merokok karena dapat mempertinggi resiko tingginya bau mulut.
Mengatasi Bau Mulut
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment