Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Bukti Nyata Kerusakan Alam Oleh Manusia

Bencana Alam ada yang memang akibat mekanisme alam. Namun tidak tertutup kemungkinan ada pula bencana yang dipicu ulah manusia yang merusak lingkungan. Mungkin dengan niat yang baik, yaitu atas nama kemajuan atau kemakmuran. Tapi akibatnyaadalah kebalikannya. Berikut ini adalah contoh bencana alam yang terjadi akibat kecerobohan, ketamakan, atau minimnya pemahaman manusia terhadap lingkungannya.
1. Hell’s Gate, Turkmenistan
Digurun Turkmenistan adalah sebuah lubang selebar kurang lebih 100 meter dan didalamnya terus- menerus membara selama 38 tahun . Pada 1971, sebuah rig pengeboran minyak Uni Soviet melakukan pengeboran. Ternyata di bawahnya ada cadangan gas alam. Hal ini menyebabkan tanah runtuh beserta rig pengeboran yang dibangun di atasnya, Asap beracun kemudian mulai menyembur dari dalam lubang. Daripada berpotensi menimbulkan bencana yang lebih mematikan, pemerintah Soviet lalu membakar lubangnya.
(Turkmenistan) - Hell's Gate
2. Lumpur Lapindo Sidoarjo, Indonesia
lapindo_kantorpertamina_tenggelam1
Untuk yang satu ini tidak perlu banyak dijelaskan. Bukan? Bencana yang bermula pada bulan Mei 2006 masih terus berlangsung. Kabarnya semburan lumpur bercampur gas tetap akan berlangsung selama 30 tahun.
3. Picher Oklohama, Amerika Serikat
shacks
Tempat Paling beracun di Amerika Serikat menurut EPA  (semacam lembaga AMDAL di AS). Dulunya pernah menjadi tambang dengan kandungan timah dan seng terkaya didunia. Menjadi tempat tinggal 20.000 orang. Kini hanya kurang dari 25 orang yang menetap. Air yang mengandung asam beracun merembes naik dari terowongan bawah tanah tempat penambangan sampai ke sungai hingga berubah warna menjadi merah dan beracun.
4. The Aral Sea , Kazakhstan
bb
Proyek irigasi Uni Soviet yang berasal dari Laut Aral telah menguras air laut dalam jumlah sangat besar. Kini, beberapa bagian laut itu kering dan terbelah menjadi dua laut yang lebih kecil. Perahu nelayan banyak yang kandas. Sebagian menjadi gurun tandus yang luas dan terkontaminasi.
5. The Great Garbage Patch, Amerika Serikat
eng_garbage_1_BM_Ba_614030g
The Great Pacific Garbage Patch adalah TPA terbesar di dunia. Tempat ini dikenal sebagai Pasific Trash Vortex. yang isinya terdiri dari 3.5 juta ton sampah ( 90% diantaranya puing-puing plastik) yang berputar-putar antara Hawaii dan California. Luas The Great Pacific Garbage Patch adalah sekitar dua kali negara bagian Texas.
Itulah bukti bahwa alam ini mulai rusak, itu sudah di zaman sekarang, bagaimana nanti ? 10 tahun, 30 tahun, 50 tahun hingga 100 tahun lagi ?Apakah akan lebih parah dari sekarang atau mungkin sudah tidak bisa ditempati oleh manusia. Inilah saatnya kita harus sudah mulai memikirkan alam kita. Selamatkan Bumi kita dengan Melakukan Hal-hal Positif seperti membuang sampah pada tempatnya ,melakukan penamanan pohon, memanfaatkan barang bekas(daur ulang) dan hal lainnya.
Karena Kalau bukan Kita Siapa Lagi???
Kalau Tidak Sekarang Kapan Lagi ???
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment