Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Kenali Sakit Kepala dan Gejalanya

Hampir setiap orang pernah merasakan sakit kepala. Data menunjukkan 90% populasi manusia pernah mengalami penyakit yang menimbulkan rasa nyut-nyut atau cekat-cekut ini sekali atau dua kali dalam setahun. Sakilt kepala juga menjadi alasan terbanyak kedua orang mendatangi dokter. Penyebab dan macam sakit kepala cukup banyak. Karenaya, mengetahui dengan pasti penyebab dan jenisnya merupakan langkah awal penyembuhannya. Dibawah ini dijabarkan beberapa jenis yang saring diderita :

^*^ Sakit kepala karena tegang.
Gejalaya diawali dengan ketegangan di otot leher, bahu, dan tengkorak akibat tekanan emosional. Sakitnya selalu berawal dari kepala belakang, merambat ke depan, lalu ke kedua sisi kepala.

^*^ Sakit kepala migren
Umumnya sakit kepala yang dirasakan penderitanya lebih berat ketimbang sakit kepala akibat ketegangan. Migren selalu dirasakan pada satu sisi kepala saja dan sering juga dibelakang salah satu mata. Maka muncul istilah "sakit kepala sebelah ". Penderita wanita kira-kira tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Penyebabnya terutama karena perubahan hormonal. Sakit kepala jenis ini dapat membuat seseorang terjaga dari tidur lelapnya.

^*^ Sakit kepala dengan beragam gejala
Yang ini terutama menyerang pria. Gejalanya, nyeri luar biasa, umumnya terfokus disekitar rongga mata dengan mata berair dan hidung meler.

^*^ Sakit kepala pascatrauma
Ini sering muncul sebagai dampak dari suatu kecelakaan meski barangkali hanya terjadi sedikit cedera dikepala. Rasa sakitnya kadang-kadang baru muncul setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah cedera. Lalu dapat berlangsung sampai setahun trauma.

Kenali Sakit Kepala dan Gejalanya
^*^ Sakit kepala alergi
Yang satu ini sering ditemani gejala hidung meler, mata berair, dan kerongkongan sakit. Kemunculannya dapat ditimbulkan oleh makanan tertentu atau segala sesuatu yang bisa menimbulkan alergi.

^*^ Sakit kepala sinus
Jenis yang ini mudah diketahui lewat gejalanya. Lubang hidung tertutup satu atau keduanya dan nyeri meluas ke atas pipi dan dahi. Bagian-bagian tersebut terasa sangat peka, sehingga disentuh saja kontan terasa nyeri.

Disamping sakit kepala yang penyebabnya spesifik itu ,ada pula sakit kepala yang timbul semata-mata merupakan gejala sekunder dari ketidakberesan dalam tubuh yang memerlukan penaganan medis. Dengan penanganan tepat terhadap ketidakberesan itu, sakit kepala juga akan ikut teratasi.
Berberapa petunjuk dibawah ini bisa dijadikan acuan untuk memecahkan masalah sakit kepala :

1. Jika sakit kepala dirasakan lebih parah dipagi hari ketimbang sepanjang siang, pertanda adanya tekanan darah tinggi.

2. Bila sakit kepala dibarengi rasa nyeri dimata, telinga atau gigi, menunjukkan terjadinya infeksi

3. Seandainya sakit kepala selalu terjadi setelah melakukan tugas yang mengandalkan indra penglihatan seperti membaca atau menjahit, pertanda ada ketidakberesan pada mata. Karenanya , perlu pemeriksaan mata pada dokter mata .

4. Tumor, Stroke, atau mungkin sulit tidur dapat menjadi penyebab sakit kepala dadakan yang amat nyeri. Akibatnya ,tubuh terasa lemah dan dibarengi dengan penglihatan yang kabur. Sakit kepala ini berawal sebagai nyeri kecil dan semakin parah dipagi hari. Diperlukan penelusuran sesegera mungkin untuk mengetahui penyebabnya.

5. Jika sakit kepala dibarengi demam dan leher pegal, kemungkinan anda terserang meningitis. Penanganan medis sangat diperlukan,

6. Bila sakit kepala muncul tiba-tiba dan sangat nyeri, pertanda adanya pembuluh darah arteri diotak yang pecah. Ini dapat mengancam jiwa. Penanganan medis harus segera dilakukan.

Untuk mengetahui cara mengobati sakit kepala tanpa obat, klik di sini
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment