Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Indahnya Memaafkan Orang Lain

Kamu pernah kesal dengan bapak, ibu, adik, atau teman yang sudah membuat kamu memutuskan untuk tidak akan memaafkan mereka selamanya ? Tunggu dulu, efeknya tidak akan bagus dan merugikan diri kita sendiri. Perasaan tidak rela memang menjadi alasan pelitnya seseorang memberi maaf. Alasan lain biasanya menyangkut gengsi dan merasa kalah. Selanjutnya memberi maaf erat kaitannya dengan hitung-hitungan atas luka dan kekecewaan yang ditimbulkan dari sebuah kesalahan.
Memaafkan kesalahan orang lain ternyata mempunyai dampak psikologi yang cukup hebat. Memaafkan itu tidak hanya bermanfaat bagi orang yang kita maafkan, tetapi sesungguhnya proses memaafkan dapat dimaknai sebagai pembebasan diri dari penyakit hati. karena penyakit hati tidak hanya menggrogoti diri secara fisik, tapi juga psikis. Mengapa, karena semakin kerelaan memberi maaf itu dibendung, maka makin menumpuklah sel-sel emosi yang membuat kamu tertekan dan hidup kamu menjadi tidak nyaman.

Ada beberapa hal untuk belajar memaafkan orang lain ?

Indahnya Memaafkan Orang Lain
1. Introspeksi diri
Introspeksi diri perlu dilakukan, Apakah kita juga pernah membuat orang lain sangat marah, kecewa, atau dendam sehingga membuat orang lain juga berbuat demikian dengan kita. Jangan sampai gajah dipelupuk mata tak tampak sedangkan semut diseberang laut terlihat dengan jelas. Evaluasi juga tingkah kita sehari-hari apakah menyakiti orang lain atau tidak. Kalau prilaku kita saja masih suka menyakiti hati orang, maka jangan heran kalau orang lain juga bersikap demikian.

2. Belajarlah dari orang lain
Sudah banyak orang-orang yang disakiti dengan orang lain lebih dari yang kita rasakan tapi mereka tapi mereka begitu berbesar hati memberi maaf. Jika kamu merasa sungkan untuk bertanya pada person kamu bisa membaca buku. Buku-buku psikologi yang dijual ditoko buku banyak yang mengupas tentang hal yang satu ini. Pengalaman-pengalaman dari banyak orang di berbagai belahan dunia memaafkan orang lain bisa jadi sumber inspirasi buat kita untuk berbuat hal yang sama.

3. Berlatih memaafkan dari hal-hal yang kecil
Dari bangun tidur sampai tidur lagi kita pasti berinteraksi dengan orang lain., baik itu dengan orang yang kita kenal ataupun dengan orang asing. Misalnya, ketika naik angkot, kita bertemu dengan orang-orang yang sebelumnya mungkin tidak kita kenal.Ketika naik angkot itu mungkin ada salah satu dari mereka berbuat salah pada kita, misalnya menginjak kaki, atau muntah pas didepan muka. Pasti kita marah dan kesal. Itu hanya contoh kecil , banyak peristiwa lain yang tentu saja sering kamu hadapi. Melalui pengalaman-pengalaman seperti itulah kita bisa belajar banyak untuk memaafkan orang lain. Hal-hal kecil bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga, jadi jangan dianggap remeh.
Indahnya Memaafkan Orang Lain


4. Bersikap Adil
Sebelum kita menghakimi orang sudah membuat kesalahan besar dan tidak termaafkan lagi maka buat daftar dulu kesalahan dan kebaikan dia. Jangan sampai kesalahan yang hanya sekali menghapuskan banyak kebaikannya. Nggak adil kan ?

5. Shalat
Shalat adalah cara yang efektif untuk merendam rasa marah. Setelah membasuh muka dengan air wudhu perasaan akan menjadi lebih tenang. Stress yang ada akan mengendor. Ketika kita sulit untuk memberi maaf pada orang lain cobalah berkomunikasi dengan Allah lewat sholat. Pasti kamu akan segera menemukan jalan terbaik untuk memaafkan kesalahan orang lain. Allah saja memaafkan dosa-dosa besar kita, masak kita tidak bisa mencobanya. Percayalah memaafkan orang lain merupakan sesuatu yang indah.  Selamat mencoba.
Indahnya Memaafkan Orang Lain



SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment