Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Serba serbi Kentang

Serba serbi kentang. Kentang merupakan tanaman dikotil yang bersifat musiman dan berbentuk semak atau herba. Batangnya berada di atas permukaan tanah dan dapat berwarna hijau, kemerah-merahan, atau ungu tua. Warna batang ini dipengaruhi juga oleh umur tanaman dan keadaan lingkungan. Pada kesuburan tanah yang lebih baik atau kering, biasanya warna batang berumur tua akan lebih mencolok dan bagian bawahnya akan ditumbuhi kayu. Sedangkan batang tanaman muda tidak berkayu yang membuatnya tidak terlalu kuat dan mudah roboh.
Sebagai bahan makanan, kentang terbukti digemari oleh banyak orang. Di beberapa daerah di Indonesia pun ada yang menjadikannya sebagai makanan pokok. Selain itu, kentang juga banyak mengandung vitamin B, vitamin C, dan sejumlah vitamin A. Ia juga merupakan sumber karbohidrat yang penting. Di Indonesia, sayangnya kentang masih sering dianggap sebagai sebuah makanan mewah, padahal manfaatnya banyak sekali.
Serba serbi Kentang

Berbagai Khasiat kentang :
Menurut penelitian, jus kentang mentah bisa membantu mengurangi penyakit yang menyerang sendi-sendi (arthritis), radang otot (rematik). Sakit yang di sebabkan salah urat atau terkilir, luka-luka kecil dan luka bakar ringan, dapat di legakan dengan cara menempelkan irisan kentang pada luka atau nyeri yang dirasakan, selama 15 menit atau lebih.
· Saos kentang yang digunakan untuk saos salad, dipercaya bisa mengurangi luka, mengurangi rasa sakit, serta pencemaran bakteri. Parutan kentang yang ditempelkan pada kelopak mata, mampu menghilangkan noda hitam pada mata (dark circles) dan sekiranya dicampur bersama krim, bisa memperlambat munculnya kerut di muka.
· Kentang juga bisa memutihkan dan melembutkan tangan. Ini menunjukkan kentang bukan saja bermanfaat untuk tujuan pengobatan. Kandungan potassium, dan Vitamin C pada kentang sangat cocok untuk untuk perawatan kulit, seperti wajah berminyak dan berjerawat. Bagi kulit berminyak, dua buah kentang dikupas dan diparut. Lalu dioleskan pada wajah hingga rata, biarkan selama 1/2 jam. Bersihkan dengan air dingin bersih. Sementara untuk jerawat, sebuah kentang diiris tipis-tipis, tempelkan ke seluruh wajah. Biarkan sampai kentang menjadi kering dan berwarna keabuan. Bersihkan dengan air bersih dingin.
· Kentang telah menjadi sahabat semua orang, yang sedang mengatur pola makan. Sehingga kentang bisa menjadi menu alternative untuk diet, sebab kentang dipercaya kaya karbohidrat pangganti nasi bagi Anda yang kini sedang menjalankan diet.
· Vitamin C-nya, juga terkenal sebagai pereda gangguan penyakit yang sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang. Anda yang menderita kutil, segera oleskan potongan segar kentang mentah pada kutil.
· Kentang sangat cocok bagi Anda yang memiliki penyakit maag atau sering mangalami sakit karena kelebihan asam lambung. Sebab dalam kentang terkandung atropine yang dapat memebantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.
· Biasanya zat lysine tidak terdapat pada nabati, tetapi di dalam kentang terdapat lysine yang sangat penting dalam pertumbuhan badan dan otak. Dengan kentang kita dapat mengkonsumsi Vitamin C secara mudah. Karena vitamin C di dalam kentang tidak hilang setelah masak karena dikelilingi oleh sari pati. Walaupun kalorinya cukup rendah, kentang dapat menyebabkan kegemukan karena adanya Glycemic Index.
· Kentang mempunyai khasiat membuat mata yang lelah kembali bersinar serta dapat menghilangkan bengkak pada mata. Parutlah kentang lalu masukkan ke dalam kain tipis yang bersih (kain kasa atau kain mori) dan kompreskan ke kelopak mata.
  • Rendah lemak dan kalori karena mengandung karbohidrat kompleks, vitamin C dan B6, protein, serat, mineral dan niasin.
  • bagian kentang yang paling banyak nutrisinya tepat dibawah kulit. Jadi sebaiknya mengupas kentang jangan terlalu tebal.
  • Untuk menghindari warna kecoklatan pada kentang setelah dikupas, campurkan air jeruk nipis dalam rendaman.
  • Akar kentang yang muncul dari bagian daging kentang aman dikonsumsi. Tapi sebaiknya dihilangkan sebelum dimasak.
  • kentang yang sudah tua lebih baik daya simpannya dibanding yang masih muda karena kulit kentang tua lebih tebal dan kandungan airnya lebih sedikit.
  • Simpan kentang dalam wadah kertas dan letakkan di tempat yang dingin, tidak terkena sinar matahari dengan siklus udara yang baik.
  •  
Itulah serba serbi kentang. Kentang mempunyai banyak kandungan kimia yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain sebagai pengganti nasi, kentang juga bermanfaat untuk menjaga organ lambung, mata lelah, dan baik untuk pertumbuhan badan dan otak.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment