Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Istilah Farmasi dan Medis Yang Sering Dijumpai Pada Kemasan Obat Bebas

Anda pasti pernah membeli obat bebas di warung ataupun diapotek. Apakah anda pernah membaca dengan baik informasi yang ada pada kemasannya ? Kalaupun membaca, tahukah anda artinya ? Dalam kemasan obat bebas sering kita jumpai istilah-istilah khusus farmasi atau medis yang mungkin asing bagi orang awam.

Dari satu merek kemasan obat flu saja ada beberapa istilah khas yang sering kita jumpai. Berikut adalah sebagian beserta artinya :

a. Indikasi

Artinya tujuan penggunaan obat. Obat harus digunakan sesuai dengan indikasinya, kalau tidak itu dapat dikatakan “penyalahgunaan” Obat.

b. Kontraindikasi

Kondisi tubuh dimana obat tidak boleh digunakan. Obat dengan kontraindikasi seperti hipertensi, artinya obat tersebut tidak boleh digunakan bagi penderita hipertensi, karena dapat memperparah penyakitnya atau membahayakan pasien.

c. Dekongestan

Istilah ini mempunyai arti mengurangi kongesti (sumbatan di hidung), yaitu obat untuk melegakan hidung tersumbat.

d. Analgetik

Istilah ini mempunyai arti penghilang rasa sakit

e. Antipiretik

Istilah ini mempunyai arti obat penurun panas (demam).

f. Antihistamin

Obat yang bekerja memblok reseptor histamin. Histamin adalah zat dalam tubuh yang bertanggung jawab pada reaksi alergi. Obat anti histamin digunakan untuk menghilangkan alergi.

g. Takikardi

Adalah istilah untuk menyebut meningkatnya denyut jantung. Istilah sebaliknya adalah bradikardi yaitu melambatnya denyut jantung.

h. Aritmia

Artinya adalah detak jantung tidak teratur

I. Retensi urine

Urine/kencing tertahan di dalam tubuh sehingga jumlah urine yang keluar sedikit.

j. Palpitasi

Menguatnya kontraksi otot jantung, detak jantung menguat.

Demikian beberapa istilah farmasi yang sering kita jumpai pada obat bebas. Masih banyak lagi istilah-istilah farmasi dan medis lainnya. Ditunggu saja kelanjutannya. terima kasih. Salam Sehat.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment