Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Makanan baik dapat membantu jantung. Antara lain dengan menurunkan koleserol. Berikut makanan yang disarankan dapat menurunkan kolesterol.

1. Lemak dan minyak baik

Tidak semua lemak itu buruk. Lemak-lemak tak jenuh tunggal misalnya, terutama dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL jika dikonsumsi sebagai pengganti lemak jenuh atau lemak-lemak trans yang tidak sehat. Lemak yang baik untuk jantung sehat ini bisa didapatkan antara lain dalam advocad, selai kacang tanah, kacang-kacangan seperti hazelnut, almond, dan pecan. Minyak sayur seperti minyak zaitun, canola, dan minyak kacang tanah juga kaya lemak tak jenuh tunggal. Jangan konsumsi berlebihan. Kendati pun termasuk lemak sehat, kalorinya tinggi. Segenggam kacang atau 2 sendok makan minyak zaitun, misalnya sudah cukup membantu jantung.

2. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, pir, jeruk dan grapefruit mengnadung serat larut, yang menunjukkan menurunkan kolesterol. Jadi, sediakan buah dan makan secara teratur sebagai bagian dari diet Anda.

Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

3. Biji-bijian dan Oat

Sarapan oatmeal, oat atau oat bran adalah cara terbaik memulai hari. Makanan-makanan ini mengandung serat larut, yang menunjukkan menurunkan kolesterol jahat LDL dengan mencegah kolesterol diabsorpsi ke dalam aliran darah. Anda perlu paling sedikit 3 gram seat larut sehari untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan 1,5 cup oatmeal matang memberikan lebih dari 6 gram serat. Jika tidak suka oat, ganti dengan padi-padian seperti barley, psyllium, dan rice bran yang juga kaya serat larut untuk menurunkan kolesterol.

4. Bean dan lentil

Suber kaya larut lainnya adalah bean, lentil, dan pea. Sebuah studi menemukan, makan 1/2 cup kacang pinto matang per hari selama 12 minggu menurunkan total kolesterol sekitar 8%. Studi-studi lain mengaitkan bean dengan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Yang menyenangkan adalah, makan dengan dasar bean kaya protein yang baik untuk pengganti daging yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi.

5. Ikan dan Omega-3

Omega-3 sering dikatakan lemak superstar yang melndungi jantung dan dapat memperbaiki profil kolesterol darah. Tempat terbaik menemukan omega-3 adalah di dalam ikan dan minyak ikan. Pilih ikan berminyak seperti mackerel, herring, sardin, dan salmon karena kandungan omega-3 nya tinggi. Pastikan jangan digoreng, tapi dikukus atau dipanggang. American Heart Association menganjurkan makan ikan, terutama ikan berminyak, paling sedikit 2 kali seminggu. Bukan penggemar ikan ? ganti dengan makan kedelai, walnut, dan flaxseed yang juga mengandung omega-3.

Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

6. Sterol tumbuhan dan stanol

Makin banyak makanan yang difortifikasi dengan sterol tumbuhan dan stanol, senyawa yang secara alamiah terdapat di dalam banyak makanan tumbuhan. Sebabnya adalah, senyawa-senyawa ini membantu menghambat absorpsi kolesterol ke dalam aliran darah. Makanan-makanan seperti jus jeruk dan yogurt sering difortifikasi dengan sterol dan stanol. Untuk menurunkan kolesterol jahat LDL sekitar 5 sampai 15%, perlu makan paling sedikit 2 gram senyawa ini per hari. Anda bisa mendapatkan sterol dan stanol dalam jumlah ini dengan minum jus jeruk yang difortifikasi, 2 gelas masing-masing isi 230 mL.

Demikianlah jenis-jenis makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Pilihlah jenis makanan yang baik untuk tubuh anda. Konsumsilah secukupnya, karena sesuatu yang berlebihan itu hasilnya tidak akan baik untuk tubuh. Salam Sehat.  

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment