Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

8 Cara Membentengi Rumah dari Setan

Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagi kalian maka jadikanlah dia sebagai musuh.”(QS. Fathir : 6)
Ayat diatas jelas bahwa setan merupakan musuh yang nyata bagi kita. Yang namanya musuh tentu selalu berupaya mencari celah untuk mencelakakan orang yang dimusuhinya. Salah satu target utama setan adalah merusak sebuah keluarga, menghancurkan ikatan diantara anggota-anggotanya. Lalu apa yang kita lakukan untuk dapat menjaga keluarga kita di rumah dari serangmusuh-musuh kita ini ?
Di antara perkara yang bisa kita lakukan untuk membentengi rumah kita adalah :
1. Mengucapkan salam ketika masuk rumah dan banyak berzikir, baik di rumah ada orang atau tidak.
Apabila kalian masuk ke rumah-rumah maka ucapkanlah salam (kepada penghuninya yang berarti memberi salam) kepada diri-diri kalian sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkahi lagi baik.”(An-Nur :61)
2. Berzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala ketika makan dan minum
Bezikirlah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengusir setan dari rumah kita sehingga tidak dapat menyertai kita saat makan dan tidur. Sementara, lalai dari zikrullah akan memberikan kesempatan emas bagi setan karena ia mendapati tempat menginap plus makan malamnya. Tentunya setan ini tidak sendirian. Bersamanya ada kawan-kawannya, gerombolan setan, karena setan mengucapkan ucapan demikian kepada teman-teman, pembantu-pembantu, dan sahabatnya. (Al-Minhaj, 11/191)
8 Cara Membentengi Rumah dari Setan
3. Perbanyak membaca Al-Qur’an dalam rumah
Al-Qur’anul Karim akan mengharumkan rumah seorang muslim dan akan mengusir setan. Bahkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita untuk membaca surat aq-Baqarah untuk mengusir setan, Beliau bersabda :
“Sesungguhnya segala sesuatu ada puncak dari Al-Qur’an adalah surah Al-Baqarah. Sungguh setan bila mendengar dibacakannya surah Al-Baqarah, ia akan keluar dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah tersebut.”(HR. Al-Hakim, dihasankan Al-Albani rahimahullahu dalam Ash-Shahihah no. 588)
“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surah Al-Baqarah.”(HR. Muslim no. 1821)
8 Cara Membentengi Rumah dari Setan
4. Banyak melakukan shalat nafilah/sunnah di rumah
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Seharusnya bagi kalian untuk mengerjakan shalat di rumah-rumah kalian karena sebaik-baik shalat seseorang adalah di rumahnya terkecuali shalat wajib.”(HR. Al- Bukhari no 731 dan Muslim no 1822).
Al Imam AN-Nawawi rahimahullahu berkata,”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan hasungan untuk mengerjakan shalat nafilah (sunnah) di rumah , karena hal itu lebih ringan dan lebih jauh dari riya, lebih menjaga dari perkara yang dapat membatalkannya. Juga dengan mengerjakan shalat nafilah di rumah akan memberi keberkahan bagi rumah tersebut. Akan turun rahmah di dalamnya, demikian pula para malaikat. Sementara setan akan lari dari rumah tersebut.”(Al-Minhaj,6/309)
5. Membersihkan rumah dari suara setan
Rasululah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”Benar-benar akan ada sekelompok orang dari umatku yang menghalalkan zina, sutera, khamr, dan alat musik…Maka di malam harinya, Allah SWT azab mereka dengan ditimpakannya gunung tersebut kepada mereka atau diguncang dengan sekuat-kuatnya. Sementara yang selamat dari mereka, Allah SWT ubah menjadi kera-kera dan babi-babi hingga hari kiamat.”(HR. Al Bukhari no. 5590)
Dari penjelasan d atas, jelaslah bagi kita haramnya nyanyian sebagai suara setan. Maka bila dalam sebuah rumah selalu disenandungkan lagu-lagu dan diputar musik, niscaya setan akan menempati rumah tersebut.
6. Membuang lonceng dari rumah
Bila sekiranya di rumah kita ada lonceng-lonceng yang digantung serupadengan naqus/lonceng gereja dalam hal suara ataupun oodel/bentuknya, walaupun tujuan kita hanya sebagai hiasan, maka singkirkanlah. karena Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadist yang disampaikan Abu Hurairah radhiyallahu’anhu :
“Lonceng itu adalah seruling setan.”(HR. Muslim no 5514)
7. Tidak menempatkan gambar dan patung di dalam rumah
Gambar dan patung yang dimaksudkan disini adalah yang berupa/ berbentuk makhluk bernyawa (hewan manusia). Gambar dan patung seperti ini harus disingkirkan dari rumah, terkecuali boneka untuk mainan anak perempuan, demikian kata Al-Qadhi rahimahullah.(Al-Minhaj, 14/308)
Makhluk Allah SWT yang mulia, para malaikat, tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada gambar dan patung. Sementara seperti yang telah kita katakan, bila para malaikat keluar dari rumah, niscaya yang bersarang di dalam rumah tersebut adalah para setan karena rumah itu adalah rumah yang buruk.
8. Tidak memelihara anjing atau membiarkan anjing masuk ke dalam rumah
Aisyah radhiyallahu ‘anha mengisahkan :
Jibril berjanji kepada Rasulullah SAW untuk mendatangi beliau di suatu waktu. Maka tibalah waktu tersebut namun ternyata Jibril tak kunjung datang menemui beliau. Ketika itu ditangan beliau ada sebuah tongkat, beliau melemparkan tongkat tersebut dari tangan beliau seraya berkata,”Allah dan para utusannya tidak akan menyelisihi janjinya. Beliau lalu menoleh dan ternyata di bawah tempat tidur ada seekor anjing kecil. Beliau lalu menyuruh anjing itu dikeluarkan. Setelah itu datang Jibril. Rasulullah SAW berkata,”Engkau berjanji kepadaku untuk datang di waktu tadi, aku pun duduk menantimu namun ternyata engkau tidak kunjung datang. Jibril memberi alasan, anjing yang tadi berada dalam rumahmu mencegahku untuk masuk karena sungguh kami tidak akan masuk ke sebuah rumah yang di dalamnya ada anjing dan tidak pula masuk ke rumah yang ada gambar”.( HR. Muslim no. 5478)
sumber : Al-Huda
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment