Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Merawat Rambut Cantik Anda Secara Alami

Tips Merawat Rambut Cantik Anda Secara Alami. Sebagai mahkota wanita, rambut memberi kesan secara menyeluruh terhadap penampilan Anda. Sayangnya, penataan rambut justru membuat kelenturan alaminya bisa hilang. Memang, mengubah model atau warna rambut bisa membuat penampilan Anda lebih fresh dan tak membosankan. Namun, paparan alat pengering, pelurus, atau pewarna rambut, membuat kesehatan rambut berkurang. Di samping perawatan di salon kecantikan, perawatan “rumahan”pun bisa dilakukan untuk mengembalikan kesehatan rambut. Tentu, lebih mudah dan murah. Namun terpenting, ketahui terlebih dahulu keluhan rambut Anda dan pilih bahan-bahan alami yang tepat untuk menanggulanginya.

1. Rambut kering dan kusam

a. Kuning telur

Bahan ini mengandung bagitu banyak protein yang sangat dibutuhkan untuk rambut kering yang cenderung kaku, kusam, dan rusak.

Tips Merawat Rambut Cantik Anda Secara Alami

Cara Membuat : Pisahkan kuning telur, usapkan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 20 menit dan cuci kembali menggunakan sampo bayi.

b. Avocad

Kandungan vitamin E yang tinggi pada avocad sangat bagus untuk merawat rambut kering.

Tips Merawat Rambut Cantik Anda Secara Alami

Cara membuat : tumbuk daging buah avocad yang sudah matang hingga hancur, lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 20 menit, kemudian cuci bersih.

c. Lidah Buaya

Rambut kusam akibat sering diwarnai atau diterpa alat pengering rambut ? kandungan yang kaya dalam lidah buaya mampu merapatkan kembali kutikula rambut yang sudah rusak.

Cara Membuat : Ambil lidah buaya sebanyak tiga batang. Belah dua, ambil dagingnya. Kemudian, gosokkan pada kulit kepala dan bungkus selama 20 menit. Lalu bilas dan cuci dengan sampo.

2. Rambut berminyak

a. Sari buah jeruk

Jeruk nipis dapat menetralkan kondisi rambut yang berminyak. Pasalnya, kandungan dalam sari jeruk nipis bisa menyempitkan pori-pori kulit kepala yang akan mengurangi minyak berlebihan.

Cara membuat : Ambil sari buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat. Gosokkan air jeruk nipis pada kulit kepala dengan menggunakan kapas secara merata. Sisanya siramkan pada rambut dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin, cuci dengan sampo.

3. Rambut normal

a. Santan

Kaya akan protein dan zat besi, santan dapat merangsang tumbuhnya rambut yang kuat den elastis. Sehingga, perawatan rambut dengan santan bisa membuat rambut lebih tebal, cepat tumbuh, dan mencegah rambut bercabang.

Cara membuat : Ambil santan kental dari buah kelapa, siram pada rambut dan diamkan selama 45 menit. Bilas dengan air hangat sampai bersih dan tidak lengket. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini dua minggu sekali.

4. Rambut rontok dan beruban

a. Seledri

Rambut rontok dan timbul uban sebelum waktunya dapat diatasi dengan daun seledri. Selain dapat menyuburkan dan mencegah kerontokan, kandungan dalam seledri pun bisa menghitamkan rambut.

Cara membuat : tumbuk atau blender seledri, lalu ambil airnya. Gosokkan air seledri pada kulit kepala, pijat-pijat dengan lembut selama 30 menit. Bilas dan keramas dengan sampo bayi.

b. Wortel

Kandungan vitamin A dan beta karoten bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya lebih sehat. Kandungannya juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kulit kepala, sehingga risiko rambut rontok berkurang.

Tips Merawat Rambut Cantik Anda Secara Alami

Cara membuat : Parut atau blender lima buah wortel, ambil airnya, oleskan pada kulit kepala. Lalu tutup rambut menggunakan handuk dan diamkan selama 45 menit. Bilas sampai bersih. Khasiat wortel ini dapat menguatkan akar rambut.

5. Rambut lepek

a. Pisang

Kandungan dalam pisang tak hanya baik untuk kesehatan saja, melainkan juga bisa membuat rambut lebih bervolume.

Tips Merawat Rambut Cantik Anda Secara Alami

Cara membuat : Hancurkan pisang hingga menjadi bubuk. Basahi rambut, oleskan bubuk pisang pada rambut yang lembap. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan sampo.

Tips Merawat Rambut Cantik Anda Secara Alami

Demikianlah artikel mengenai Tips Merawat Rambut Cantik Anda Secara Alami. Sesungguhnya masih banyak lagi tanaman disekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatn rambut kita. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment