Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Mengelola Amarah Dengan Efektif

Tips Mengelola Amarah Dengan Efektif. Mungkin sebagian orang menganggap marah sebagai sesuatu yang negatif. Padahal marah adalah sesuatu yang alami dan sehat. Marah tersebut baru menjadi tidak sehat jika diekspresikan dengan cara yang kurang tepat. Jadi, bukannya marah tidak boleh. Cuma, yang perlu dihindari adalah marah yang dikeluarkan secara berlebihan. Karena, bukan cuma orang lain, Anda sendiri pun akan rugi. Dan, hubungan baik dengan orang-orang di sekitar bisa memburuk karena kebiasaan marah yang tidak pada tempatnya.

Bisa Mengganggu Kesehatan

Penelitian menunjukkan bahwa marah dengan cara yang salah bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, sebisa mungkin, kendalikanlah amarah. Jangan sampai rasa marah diekspresikan lewat suara melengking dan meledak-ledak. Apalagi kalau sampai main tangan. Marah seperti itu sia-sia saja, karena biasanya apa yang menjadi sumber kemarahan justru menjadi tidak jelas.

Marah dengan cara yang tepat akan memberikan kesempatan Anda untuk mengontrol ketegangan. Karena itu, cobalah untuk mengekspresikan rasa marah Anda dengan cara yang sehat. Misalnya, mengendalikan napas, menurunkan nada suara, atau bicara dengan nada pelan. Jangan buang energi Anda untuk hal-hal sepele yang sebenarnya tidak perlu membuat marah. Marahlah jika memang marah tersebut diperlukan. Yang penting, jangan melampiaskan kemarahan anda pada orang lain yang tidak tahu menahu persoalan anda, jangan sampai karena kesal pada teman di kantor, lalu anda melampiaskannya pada pasangan atau anak di rumah. Marah seperti itu tidak efektif dalam menyelesaikan masalah. Bahkan, bisa jadi itu hanya akan memunculkan kemarahan-kemarahan berikutnya yang cuma akan semakin menguras tenaga.

Tips Mengelola Amarah Dengan Efektif

Cara Marah yang Baik

Hindari menunjukkan kemarahan di depan umum secara membabi buta. Selain hanya akan membuat diri Anda tampak bodoh seperti anak kecil, marah seperti itu akan membuat tersinggung orang yang menjadi sasaran kemarahan. Apalagi jika berbagai kata-kata yang sudah menyentuh hal-hal di luar objek kemarahan muali keluar dari mulut anda. Kalau sudah begini, orang yang akan anda marahi akan merasa anda tidak menyukai dirinya secara personal. Sehingga apapun yang Anda katakan akan ditentangnya habis-habisan. Ingat ! Yang menjadi objek kemarahan Anda saat itu bukanlah pribadi orang tersebut, melainkan tingkah lakunya.

Selain itu, cobalah untuk mengkaji setiap masalah yang ada sebelum mengambil keputusan. Pertama, telitilah apa sebenarnya yang menjadi masalah. Kemudian cari penyebabnya. Karena, bisa jadi penyebabnya bersumber dari diri anda. Sesudah itu, barulah cari langkah penyelesaian yang paling tepat. Dari situ tentu Anda bisa menilai apakah marah memanng langkah yang terbaik dan berguna untuk menyelesaikan masalah itu atau tidak.

Biasaan juga untuk selalu berfikir positif tentang semua hal. Segera alihkan perhatian begitu rasa marah anda mulai muncul. Dan, perbaikilah selalu cara anda membina hubungan dengan orang lain dengan berlatih untuk mau berempati dan mendengarkan orang lain. Usahakan untuk bersikap asertif pada orang yang membuat anda tidak senang, dengan mengatakan rasa tidak suka dengan terus terang. Itu akan lebih efektif dibanding marah –marah yang tidak terkendali.

Demikianlah Tips Mengelola Amarah Dengan Efektif. Semoga kita bisa mengendalikan rasa marah kita sehingga dapat menjadi hal positif baik diri kita maupun orang lain.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment