Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

6 Mitos Merokok

6 Mitos Merokok. Dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei, kita tampaknya perlu diingatkan kembali tentang bahaya merokok. Berikut ini adalah beberapa mitos tentang merokok dan alasan mengapa pendapat itu tidak benar.

Mitos 1 : Rokok dengan kadar tar rendah jauh lebih baik.

Fakta : Rokok berkadar tar rendah sama berbahayanya dengan tar berkadar tinggi. Belum ada penelitian yang menunjukkan berpindah merokok ke rokok tar rendah, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kenyataannya, rokok rendah tar mengakibatkan munculnya adenocarcinoma- sejenis kanker yang ditemukan dalam cabang paru-paru. 

Mitos 2 : Beberapa batang rokok per hari tidak berbahaya.

Fakta : Hal ini keliru, karena mengisap beberapa batang rokok tetap merusak kesehatan. Hanya 30 menit setelah menghirup asap rokok akan terjadi perubahan pada arteri non-perokok dan menyebabkan aliran darah tidak teratur yang memiliki andil terhadap masalah jantung. Non-perokok yang tinggal dalam lingkungan perokok memiliki 25 persen kemungkinan terkena penyakit jantung dan kanker paru-paru.

Mitos 3 : Merokok tapi tidak kecanduan

Fakta : Menurut laporan yang dipublikasikan oleh Royal Collage of Physicians, nikotin memiliki sifat adiktif seperti heroin dan kokain. Hal ini disebabkan nikotin memicu pengeluaran dopamine, senyawa kimia yang menimbulkan rasa senang dalam otak.

6 Mitos Merokok

Mitos 4 : Merokok dengan menurunkan berat badan.

Fakta : Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, orang biasanya akan bertambah berat badan ketika mereka berhenti merokok. Tapi para ahli mengklaim ini seringkali bersifat sementara dan setelah berhenti merokok selama beberapa tahun, berat badan akan kembali normal.

Mitos 5 : Merokok sudah cukup lama sehingga tidak ada untungnya berhenti.

Fakta : Berapapun usia anda, selalu akan menguntungkan jika berhenti merokok. Semakin lama Anda merokok, semakin besar peluang terjangkit kanker paru-paru. Berhenti merokok sebenarnya dapat membalikkan pengaruh rokok dan memberikan paru-paru kesempatan penyembuhan.

Mitos 6 : Rokok menthol lebih baik dibanding rokok biasa.

Fakta : Rokok menthol tidak ada bedanya dengan rokok lain, mengandung nikotin dan lebih dari 600 senyawa yang beberapa diantaranya terbukti penyebab kanker.

Jadi mulai sekarang stop merokok. Karena rokok itu membunuhmu.

Sumber : lisa

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment