Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Mengatasi Biang Keringat

Apakah Biang Keringat itu ?

Biang keringat atau keringet buntet adalah gangguan pada kulit berupa ruam kemerahan yang terasa gatal. Biang keringat sering terjadi pada anak-anak, walaupun tidak sedikit orang dewasa yang mengalaminya terutama saat cuaca panas. Biang keringat dapat terjadi pada semua bagian tubuh, tetapi yang paling sering terkena adalah bagian batang tubuh (leher, dada, dan punggung) dan pada lipatan dan sekitar paha.

Penyebab timbulnya biang keringat

Biang keringat terjadi karena ada penyumbatan pori-pori yang merupakan saluran keluarnya keringat. Sumbatan ini dapat disebabkan oleh debu, daki, dan sebagainya. Saat tubuh banyak berkeringat, misalnya saat cuaca panas atau setelah demam, adanya sumbatan tadi akan membuat keringat tertahan di bawah kulit, kemudian membentuk tonjolan-tonjolan kecil berwarna merah karena terjadi peradangan.

Tips Mengatasi Biang Keringat

Tips Yang dapat dilakukan jika seseorang mengalami biang keringat

Jika seseorang mengalami biang keringat, hal-hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Mengurangi pembentukan keringat berlebih, caranya dengan menghindari cuaca yang terlalu panas.
  • Menjaga kulit tetap dingin, biasanya dengan mandi atau memakai losion khusus untuk biang keringat.
  • Selalu gunakan pakaian yang lembut dan dapat menyerap keringat.
  • Perbaikilah sirkulasi udara dan ventilasi di rumah.

Obat yang dapat diberikan untuk swamedikasi biang keringat

Pengobatan biang keringat dapat dilakukan dengan menggunakan bedak tabur atau letion khusus biang keringat. Lotion atau bedak tabur biasanya mengandung calamin yang berfungsi untuk memberi sensasi dingin dan lembut pada kulit sehingga mengurangi rasa gatal dan bekerja sebagai antibakteri untuk mencegah infeksi yang ditimbulkan karena garukan. Lotion atau bedak tabur juga mengandung menthol yang memberi sensasi dingin. Bedak tabur atau lotion ini penggunaannya adalah dioleskan atau ditaburkan pada bagian tubuh yang mengalami biang keringat dua kali sehari setiap habis mandi dan kulit sudah dikeringkan.

Tips Mengatasi Biang Keringat

Demikianlah artikel kesehatan mengenai Tips Mengatasi Biang Keringat. Semoga artikel ini semakin menambah ilmu kita dalam menjaga kesehatan diri.

Sumber : Ipang Djunarko dan Yosephine

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment