Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Bahaya Meminum Susu Campur Soda

Tahukah Anda bahwa meminum susu campur soda itu berbahaya ? Ternyata susu dicampur soda itu dapat menyebabkan batu ginjal. Mengapa hal itu bisa terjadi ? baiklah saya akan menjelaskan semuanya.

Apakah susu itu ?

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia dan manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk dikonsumsi manusia. Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka. Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu benyak mengandung nutrisi penting antara lain  sebagai berikut :

Tabel 1.  Kandungan Vitamin dalam Susu

Bahaya Meminum Susu Campur Soda

Sumber : Buckle et al., 1987

Tabel 2.  Persentase Unsur-unsur Mineral di dalam Susu

Bahaya Meminum Susu Campur Soda

Sumber : Buckle et al., 1987

Bahaya Meminum Susu Campur Soda

Apakah Soda itu ?

Air soda atau air berkarbonasi adalah air yang dikarbonasikan dan dibuat bersifat efervesen dengan penambahan gas karbondioksida di bawah tekanan.

Bahaya Meminum Susu Campur Soda

Kenapa Susu tidak boleh dicampur dengan soda ?

Susu yang dicampur soda dapat menyebabkan terbentuknya kalsium karbonat (CaCO3) karena susu kaya akan kalsium sedangkan soda mengandung karbonat dan jika disatukan akan bereaksi. Kalsium karbonat tersebut jika terus-menerus masuk ke dalam tubuh akan mengendap di ginjal dan menyebabkan batu ginjal karena CaCO3 tidak dapat diserap tubuh dan sulit larut dalam air. Selain itu saat minum soda tanpa campuran apapun, kalsium yang terdapat pada gigi dan tulang akan terkikis agar menyeimbangkan asam fosfor yang banyak terkandung dalam soda dan kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh bersama kalsium yang telah terkikis tadi. Sehingga akan meningkatkan resiko osteoporosis.

Sebenarnya minum susu murni lebih sehat dari pada dicampur dangan minuman lain, karena dalam susu sendiri sudah banyak zat yang berguna bagi tubuh dan zat tersebut mudah rusak jika salah dalam penyajian.

demikianlah artikel mengenai bahaya meminum susu dicampur soda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Mari kita jaga kesehatan mulai dari sekarang.

Sumber : diambil dari berbagai sumber

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment