Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Meramu Herbal

Herbal yang kini makin poluer di Indonesia kini tersedia dalam berbagai bentuk sediaan. Ada herbal yang diawetkan, tetapi ada ramuan herbal segar yang mudah kita ramu sendiri dirumah.Bagi Anda yang ingin meramu sendiri herbal kesayangan anda , Namun sebelum Anda meramu, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar herbal yang Anda ramu aman dan ampuh sehingga khasiatnya maksimal, sesuai yang Anda inginkan.
  1. Sedapat mungkin gunakan herbal yang ditanam secara organik untuk meminimalkan kontaminasi pestisida, herbisida, maupun bahan sintetik lainnya.
  2. Cucilah herbal yang akan Anda ramu dengan air bersih yang mengalir sambil digosok-gosok untuk meminimalkan kontaminasi, baik dari pupuk maupun bahan sintetis yang digunakan.
  3. Bahan tambahan lain yang digunakan meramu herbal seperti air, juga harus bersih dan menyehatkan.
  4. Sedapat mungkin gunakan penakar ( timbangan dan penakar lainnya), jangan hanya menggunakan perkiraan saja untuk menimbang dan mengukur jumlah cairan yang digunakan.
  5. Patuhilah aturan pakainya dan jangan menghentikan penggunaan sebelum waktu yang dianjurkan kecuali ada tanda-tanda ketidakcocokan. Herbal membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bereaksi dibandingkan dengan obat-obatan medis .
  6. Simpan ramuan herbal ditempat yang kering, sejuk, dan bersih. Jauhkan dari bau-bauan yang menyengat dan jangkauan anak-anak serta binatang.
  7. Tips Meramu Herbal
    Dianjurkan meramu herbal dalam jumlah kecil agar kesegaran dan khasiatnya lebih terjamin. Setelah herbal yang diramu habis, barulah meramu kembali untuk dipakai pada penggunaan selanjutnya. Selain lebih manjur ,menggunakan ramuan yang selalu baru juga dimaksudkan menghindarkan kita mengonsumsi ramuan herbal yang sudah kadaluwarsa. 
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment