Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Perawatan Pada Speedometer

Speedometer  adalah alat pengukur kecepatan mobil.Biasanya speedometer dipasang pada ruangan kemudi agar pengemudi mudah mengetahui kecepatan mobilnya. Speedometer sangat penting dan harus ada pada setiap yang beroperasi dijalan raya. Hal ini demi keselamatan. Disepanjang jalan raya pasti ada rambu-rambu batas kecepatan untuk mobil yang lewat. Rambu-rambu lalulintas tersebut disesuaikan dengan keadaan jalan dan lingkungan sekitarnya. Pada keadaan jalan yang sempit atau sangat ramai, mobil tidak boleh terlalu cepat. Pada jalan yang disekitarnya ada tempat-tempat penting, mobil juga tidak boleh terlalu cepat. Dengan demikian pengemudi harus selalu mengatur kecepatan mobilnya sesuai dengan rambu-rambu lalulintas tersebut . Untuk memudahkan hal ini dipasanglah pengukur kecepatan, yaitu speedometer.
Perawatan Pada Speedometer
Kiat-kiat pemeriksaan dan perawatan speedometer :
  1. Lepaskan unit speedometer dari dudukannya.
  2. Periksa kabelnya dari kemungkinan putus atau lepas.
  3. Periksa keadaan roda gigi penggerak jarumnya,mungkin sudah aus atau kotor. Roda gigi yang kotor harus dibersihkan . Roda gigi yang aus harus di ganti.
  4. Periksa keadaan tabung bergeriginya dari kemungkinan aus atau kotor sekali. Jika kotor , bersihkan dengan kain atau sikat.
  5. Untuk speedometer magnet, periksa keadaan pegas rambutnya. Mungkin sudah terlalu lemah atau putus. Jika putus maka segera harus diganti.
  6. Periksa keadaan gigi-giginya daari kemungkinan aus atau kotor sekali.
  7. Rakit kembali bagian-bagian yang telah dibongkar dan pasang pada dudukan semula.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment