Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

CARA MENGATASI FLU DAN BATUK



Biasanya flu dan batuk disebabkan karena peruban suhu yang mendadak ekstrim atau kita memakan dan meminum yang dingin-dingin dengan berlebihan ini adalah penyebab utama flu dan batuk yang sering menyerang kita.

Berikut adalah cara mengatasi flu dan batuk, agar kita terhindari dari flu dan batuk :

1.   Pilih Suppressant atau Ekspektoran
Jika anda batuk, identifikasilah batuk apa yang anda derita. Hal ini penting untuk menentukan obat batuk apa yang paling tepat untuk anda konsumsi. Ada dua jenis batuk yang dikenal yakni batuk kering dan batuk berdahak.
Batuk kering memerlukan obat batuk suppresant yang akan mengurangi dorongan untuk batuk. Sedangkan bila anda mengalami batuk berdahak, maka obat yang paling tepat adalah ekspektoran. Sebab ekspektoran membantu melonggarkan dahak dan bisa meredakan batuk.
CARA MENGATASI FLU DAN BATUK

2. Makan Makanan Pedas dan Hangat
Makanlah seperti cabai, jahe, bawang putih dan lada hitam yang pedas dapat membantu jika anda mengalami gejala flu dan batuk . Makanan tersebut bisa membantu mengurangi lendir sehingga membuat anda lebih mudah bernapas. Mengkonsumsi makanan pada suhu tinggi juga dapat membantu karena panas membunuh bakteri berbahaya yang dapat memperburuk kondisi anda.

3.  Menghirup Uap Panas
Menghirup uap air panas merupakan pengobatan rumah yang baik dan termudah untuk menghilangkan hidung tersumbat. Jadi panaskanlah air,lalu tambahkan minyak kayu putih dalan air tersebut. Kemudian hiruplah uapnya. Uap ini mampu mengurangi lwndir dihidung sehingga membuat anda lebih mudah bernapas.

4. Konsumsi Buah, Sayur, dan Jus
Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti sayur dan buah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jus dan minuman hangat juga disarankan dikonsumsi selama sakit.


CARA MENGATASI FLU DAN BATUK


5. Susu dan Kunyit
Kunyit sudah lama dikenal sebagai obat. Sedangkan susu diketahui merupakan penyempurna makanan yang lengkap dengan nutrisi tinggi. Segelas susu hangat dengan sesendok kunyit yang dikonsumsi 2-3 kali sehari konon efektif membantu melawan pertumbuhan bakteri yang disebabkan batuk dan bisa melonggarkan dahak.

CARA MENGATASI FLU DAN BATUK
6. Olahraga
Olahraga secara teratur mampu membantu anda tetap sehat secara fisik dan meningkatkan kekebalan tubuh. Olahraga teratur juga dapat membantu seseorang menghindari dari berbagai penyakit dan menjaga kesehatan.
CARA MENGATASI FLU DAN BATUK



SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment