Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Penyebab Kerusakan dan Cara Perawatan Klakson Mobil

Penyebab Kerusakan dan Cara Perawatan Klakson Mobil. Setiap mobil yang berjalan di jalan raya harus dilengkapi dengan klakson. Fungsi klakson adalah untuk memberikan peringatan kepada pemakai jalan didepannya agar memberi jalan atau hati-hati. Kecelakaan lalulintas sering terjadi karena tidak berfungsinya klakson pada mobil tersebut, atau karena klakson tidak dipasang.
Klakson yang tidak berbunyi bisa disebabkan oleh kontak-kontak yang menghubungkan klakson dengan sumber arusnya yang terputus.


Berikut beberapa kerusakan lain yang sering terjadi pada klakson adalah
1. Klakson berbunyi terus.
Penyebabnya adalah arus listrik terus-menerus mengalir ke sistem klakson sehingga diafragma bergetar terus menerus dan menimbulkan bunyi. Hal ini mungkin disebabkan oleh batang elektromagnetic dari relai macet pada kedudukan menutup atau kontak klakson macet pada kedudukan menutup.
2. Klakson tidak berbunyi sama sekali
Penyebabnya adalah arus listrik tidak mengalir ke sistem klakson karena sekering putus, kerusakan pada relai, kerusakan pada kontak pemutus atau karena kabelnya putus. Penyebab lainnya adalah arus listrik dari baterai lemah sehingga kemagnetan yang ditimbulkan tidak cukup kuat untuk menggetarkan diafragma. Setelan klakson yang salah juga bisa menyebabkan klakson tidak berbunyi.
3. Bunyi klakson kurang keras
Bunyi klakson kurang keras bisa disebabkan oleh kerusakan pada diafagma robek, berlubang atau terlalu kendor akan menyebabkan bunyi klakson kurang keras. Setelan diafragma yang kurang tepat (terlalu kendor) dapat disetel lagi dengan memutar baut penyetel kiri atau ke kanan sesuai dengan kerasnya bunyi yang dikehendaki.
Penyebab Kerusakan dan Cara Perawatan Klakson Mobil

Pemeriksaan,Penyetelan dan Perawatan :
1. Tekan tombol klakson. Perhatikan baik-baik bunyi yang ditimbulkan. Bunyi yang tidak normal menunjukkan adanya kerusakan pada klakson.
2. Telusuri rangkaian kelistrikan klakson. Periksa keadaan kabel-kabelnya, mungkin terkelupas, putus atau berkarat. Jika kabel dalam keadaan tidak baik,segera ganti atau perbaiki.
3.  Bongkar switch horn pada roda kemudi. Bersihkan bagian-bagian kontaknya dari karat dan kotoran. Jika kontak-kontaknya kotor atau berkarat maka arus listrik akan terhambat sehingga kerja klakson menjadi terganggu.
4. Lepas unit klakson dan bongkar dengan melepas baut-baut pengikatnya. Perhatikan bagian-bagiannya dengan teliti . Jika perlu berilah tanda untuk perkaitannya kembali.
5. Periksa keadaan kontak-kontaknya dari kemungkinan aus, kotor, atau berkarat. Kontak-kontak yang aus harus segera diperbaiki.Keadaan kontak-kontak harus bersih sehingga tidak menghambat jalannya arus yang mengalir.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. thanks nih bermanfaat banget bacaannya, tapi jangan lupa safety riding selalu menggunakan jaket motor

    ReplyDelete
  2. sipzzz...
    Dan berdoa sebelum berpergian...thx coment nya...:)

    ReplyDelete