Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

12 Makanan Anti Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang mengancam di Indonesia. Hal ini terlihat dari Riset Kesehatan Dasar 2013 dimana prevalensi kanker di Indonesia mencapai 1,4 per 1000 penduduk dan menduduki posisi ke tujuh sebagai penyakit penyebab kematian. Untuk menghindari kanker sebenarnya ada upaya yang bisa anda lakukan, yaitu membiasakan pola hidup sehat dan menjaga asupan nutrisi yang tepat. Berdasarkan penelitian, ada 12 makanan yang kandungannya bisa membantu mencegah munculnya kanker yaitu 

1. Alpukat

Kandungan : kaya akan glutathione dan antioksidan yang kuat.
Khasiat : melawan radikal bebas dalam tubuh. Para ilmuan juga percaya alpukat dapat berguna untuk mengobati hepatitis-penyebab kanker hati dan masalah kerusakan hati lainnya.

2. Brokoli, Kol, dan Kembang Kol

Kandungan : kimia indole-3-carbinol (I3C) dan phytochemical sulforaphane (dibagian kecambah)
Khasiat : memerangi kanker payudara dengan mengubah estrogen pemicu kanker menjadi bersifat protektif, mencegah beberapa tipe kanker seperti kanker usus dan rectal juga bisa dicegah dan menginduksi produksi enzim tertentu yang dapat menonaktifkan radikal bebas dan karsinogen. 

3. Cabai

Kandungan : senyawa capsaicin
Khasiat : Menetralisir sejumlah kanker termasuk kanker perut.

4. Bawang Putih

Kandungan : allyl sulfur
Khasiat : mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamine dalam tubuh dan memblokir zat-zat karsinogen yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu bumbu dapur ini juga mengandung zat aktif seperti vitamin A, B, C, kalsium, potasium, besi, karoten, dan selenium. Komponen-komponen ini dapat mencegah mutasi gen, menghambat pertumbuhan sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusakbahkan merangsang sel kanker untuk membunuh dirinya (apoptosis). Selain itu bawang putih juga berperan sebagai antioksidan yang mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membunuh kuman helicobacter pylori yang dapat memicu kanker lambung.

5. Jeruk Bali

Kandungan : monoterpenes yang mengandung vitamin C, betakaroten dan asam folat.
Khasiat : mencegah kanker dengam menyapu karsinogen (penyebab kanker) keluar dari dalam tubuh.

6. Anggur Merah

Kandungan : bioflavonoids
Khasiat : antioksidan yang bekerja menghalau kanker. Buah mungil ini juga mengandung asam ellagic, zat yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Minuman anggur merah, bahkan yang tidak mengandung alkohol sekalipun, memiliki kandungan polyphenois yang dapat melindungi dari berbagai macam kanker dan menetralisir penyakit-penyakit penyebab radikal bebas.

7. Jamur

Ada beberapa jenis jamur yang mampu membantu tubuh memerangi kanker dan membangun sistem imun, diantaranya shiitake, maitake, dan reishi. Jamur-jamur ini mengandung polysaccharides, terutama letinan, senyawa yang ampuh membantu membangun imunitas dan merupakan sumber beta glucan. Jamur juga mengandung protein lectin yang dapat menyerang sel-sel kanker dan mencegahnya bermutasi dan membelah diri. Ekstrak jamur juga telah sukses diuji di Jepang sebagai bahan tambahan untuk kemoterapi.

8. Pepaya

Kaya vitamin C yang dapat bekerja sebagai antioksidan, dan juga mengurangi absorpsi nitrosamine (penyebab kanker) dari makanan olahan. Pepaya juga mengandung folacin (asam folat) yang dapat meminimalisasi dyspepsia serviks dan kanker jenis tertentu.

9. Rumput Laut dan Tumbuh-Tumbuhan Laut

Mengandung beta-karoten, protein, vitamin B12, serat dan klorofil seperti klorofilons (asam lemak) yang penting melawan kanker.

10. Kedelai

Produk-produk kacang kedelai seperti tahu mengandung beberapa tipe phytoestrogen yang dapat membantu mencegah kanker payudara dan prostat dengan cara menghambat dan menekan perubahan sel kanker.

11. Teh

Teh hijau maupun teh hitam mengandung antioksida tertentu, dikenal sebagai polyphenol (catechins) yang mencegah pembelah sel-sel kanker. Yang terbaik pertama adalah teh hijau, lalu diikuti teh hitam. Berdasarkan laporan dari Journal of Cellular Biochemistry, polyphenol ini banyak terdapat dalam teh hijau yang dapat melindungi dari berbagai tipe kanker. Daun teh hijau kering juga mampu mengurangi resiko kanker perut, paru-pau, usus kolon, rectum, hati dan pankreas.

12. Tomat

Mengandung lycopene, antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker. Tomat juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah kerusakan sel yang dapat menjadi kanker. Lycopene dipercaya dapat membunuh sel kanker di mulut dan peningkatan konsumsi lycopene dapat mengurangi resiko kanker payudara, prostat, pankreas, dan kanker kolateral.

Sumber : Mediakom


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. sudah beberapa hari saya mencari berita seperti ini, dan akhirnya.. akhirnya ketemu!! terimakasih nih ya? postingannya sangat berharga bagi saya, thanks gan!

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah ...ya sama-sama gan..smoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete
  4. Nice share nih juragan.. keep posting, semoga postingannya selalu memberikan banyak manfaat untuk banyak orang. amiiinnn.. ^_^

    ReplyDelete