Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Jadilah Hamba Allah yang Pandai Bersyukur

Sudah banyak kenyataan yang kita lihat dengan mata kepala kita sendiri bahwa sungguh banyak sekali umat manusia yang sudah terpedaya dengan kenikmatan dunia ini. Tetapi tahukah kamu bahwa dunia ini tiada bernilai di sisi Allah SWT Sampai Rasulullah berkata :

"Seandainya dunia ini di sisi Allah punya nilai setara dengan sebelah sayap nyamuk niscaya Allah tidak akan memberi minum  seorang kafir seteguk air pun." (HR. At-Tirmidzi, dishahihkan oleh Al-Albani).

Maka kita dapat lihat di dunia ini banyak sekali orang jahat, ingkar kepada Allah SWT dan Rasul-Nya namun ia memiliki kekayaan dan jabatan yang tinggi. Sebaliknya, banyak hamba yang taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya tidak beroleh dunia kecuali sekedarnya. 

Mungkin kita termasuk orang yang mendapatkan dunia sekedarnya, tidak seperti yang diperoleh orang-orang sekitar kita, yang mungkin punya rumah mewah, mobil gonta-ganti, perabotan yang wah, dan jabatan yang empuk. Kekurangan yang ada pada kita dari sisi lain seharusnya tidak perlu membuat dada kita sempit sehingga kita berburuk sangka kepada Allah Yang Maha Adil.

Nabi Muhammad SAW berkata :
"Lihatlah kepada orang yang lebih rendah daripada kalian dan jangan melihat orang yang lebih di atas kalian. Yang demikian ini (melihat ke bawah) akan membuat kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang diberikan-Nya kepada kalian.” (HR. Muslim).

Dari hadist diatas memberi suatu pelajaran bagi kita agar selalu melihat kebawah dalam perkara dunia dan jangan melihat kepada orang yang melebihinya. Karena dengan demikian akan membuatnya berkeluh kesah, sempit dada, dan tidak bersyukur dengan apa yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Sebaliknya dalam perkara agama/akhirat, seseorang muslim harusnya melihat keatas, kepada orang yang lebih darinya dalam beramal ketaatan, dan keshalihan an ketakwaan sehingga ia terpacu untuk terus menambah ketaatan dan amal ibadah. 
 Jadilah Hamba Allah yang Pandai Bersyukur

Rasulullah SAW telah memberikan nasihat yang akan mengobati penyakit yang mungkin ada di dalam dada, maka amalkanlah. Selalu melihat orang yang kekurangan dan lebih susah daripada kita.
Lihatlah..Allah SAW telah memberikan tempat tinggal yang menaungi kita setiap harinya walau rumah yang sederhana, maka bersyukurlah kerena masih banyak orang yang yang tidak seberuntung kita, dimana mereka terpaksa tidur di emperan toko, di kolong jembatan, dan di dalam rumah-rumah kardus.

Lihatlah dan tengoklah selalu kepada orang yang hidupnya lebih sulit daripada kita, dengan begitu kita dapat mensyukuri nikmat Allah SWT yang diberikan-NYa kepada kita.


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment