Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Keindahan dan Keutamaan Qiyamul Lail

Qiyamul lail atau yang biasa disebut juga sholat tahajjud atau sholat malam adalah salah satu ibadah yang agung dan mulia , yang disyari'atkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala sebagai ibadah nafilah atau ibadah sunnah. Akan tetapi seseorang hamba mengamalkannya dengan penuh kesungguhan, maka ia memiliki banyak keutamaan. Berat memang, karena memang tidak setiap muslim sanggup melakukannya. 
Andaikan kita tahu keutamaan dan keindahannya, tentu kalian akan berlomba-lomba untuk menggapainya. Benarkah ? Memangnya apa sih keutamaan Qiyamul Lail ? Penasaran ?? Ayo kita lihat .

Pertama : Barang siapa menunaikannya, berarti ia telah mentaati perintah Allah dan Rasul-Nya, sebagaimana dalam firman-Nya :"Dan pada sebagian malam hari, sholat tahajjudlah kamu sebagai ibadah nafilah bagimu, mudah-mudahan Rabb-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji (Al-Isro :79). Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda :"Sholat yang paling utama sesudah sholat fardhu adalah qiyamul lail ( sholat di tengah malam)." (Muttafaqun 'alaih).

Kedua : Qiyamul lail itu adalah kebiasaan orang-orang shalih dan calon penghuni surga. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman : "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah)."(Adz-Dzariyat: 15-18).

Ketiga : Siapa yang menunaikan qiyamul lail itu, dia akan terpelihara dari gangguan setan, dan ia akan bangun di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya. Sebaliknya, siapa yang meninggalkan qiyamul lail, ia akan bangun di pagi hari dalam keadaan jiwanya terlilit kekalutan (kejelekan) dan malas untuk beramal sholih. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga menceritakan :"Setan mengikat pada tengkuk setiap orang diantara kalian dengan tiga ikatan (simpul) ketika kalian akan tidur. Setiap simpulnya ditiupkanlah bisikannya (kepada orang yang tidur itu):"Bagimu malam yang panjang, tidurlah dengan nyenyak."Maka apabila (ternyata) ia bangun dan menyebut nama Allah Ta'ala (berdoa), maka terurailah (terlepaslah) satu simpul. Kemudian apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi. Dan kemudian apabila ia sholat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia berpagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya. Jika tidak (yakni tidak bangun sholat dan ibadah di malam hari), maka ia berpagi hari dalam keadaan kotor jiwanya dan malas (beramal shalih)."(Muttafaqun 'alaih).


Keempat : Ketahuilah, di malam hari itu ada satu waktu dimana Allah SWT akan mengabulkan doa orang yang berdoa, Allah akan memberi sesuatu bagi orang yang meminta kepadaNya dan Allah akan mengampuni dosa-dosa hambaNya bila ia memohon ampunan kepadaNya. Hal itu sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah dalam sabda beliau "Di waktu malam terdapat satu waktu dimana Allah akan mengabulkan doa setiap malam (HR Muslim No.757).

Inilah beberapa keindahan dan keutamaan qiyamul lail. Sungguh, akan merasakan keindahannya bagi orang yang memang hatinya telah diberi taufik oleh Allah Ta'ala, dan tidak akan merasakan keindahannya bagi siapapun  yang dijauhkan dari taufik-Nya. 

Mudah-mudahan kita semua termasuk diantara hamba-hambaNya yang diberi keutamaan menunaikan qiyamul lail secara istiqamah. Aamiin.

sumber : Al-kindi
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment