Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Jenis Alat-alat Perawatan

Alat-alat perawatan adalah alat yang digunakan untuk merawat si sakit, baik di rumah maupun di rumah sakit. Alat-alat perawatan tersebut antara lain.

1. Sanken Mat

Sanken Mat adalah sebuah mattras (kasur) buatan Jepang, yang dilengkapi dengan air flow regulator, sehingga berguna untuk menghilangkan bau dan sebagai pencegahan/pengobatan terhadap BEDSORE, terutama pada pasien yang harus tiduran terus. Kasur ini dapat disikat, dicuci dan mudah dikeringkan.



Jenis Alat-alat Perawatan

2. Vacuum Rescue Mattress

Jenis Alat-alat Perawatan
Vacuum Rescue Mattress adalah sejenis brandcart (tandu) berlapiskan kasur plastik PVC yang mempunyai keistimewaan khusus yaitu :
Semua bagian tubuh bila ditaruh diatas tubuh tersebut dapat dengan mudah seakan-akan dibidai (displak), tidak bisa berubah-ubah tempat, tidak dapat bergerak-gerak. Hal ini penting sekali apabila dalam suatu kecelakaan ada bagian tubuh si pasien yang patah tulangnya atau tergeser persendiaannya. Matress ini juga dapat ditembus sinar-X (radiography).
Pabrik yang memproduksinya adalah HERAUS-Hanau Jerman, dimana di Indonesia agen tunggalnya adalah DIAN GRAHA ELEKTRIKA.

3. Cold Hot Pack

Jenis Alat-alat Perawatan
Cold hot pack adalah kantong dengan ukuran 4,25” X 10,5” atau kira-kira 10 1/2 cm X 26 cm yang berisikan gel yang membuat alat tersebut flexible dan elastis. Kegunaannya adalah sebagai pengganti botol panas dan kantung es.
Cara pemakaiannya :
- Sediakan selalu lemari es atau freezer minimum 2 jam, sebelum digunakan dan dikompreskan segera (untuk kompres dingin)
- Celupkan dalam air panas selama 5-10 menit kemudian kompreskan segera (untuk kompres panas).

4. Warm Water Zack

Jenis Alat-alat Perawatan
Warm Water Zack berarti kantung berisi air panas. Alat ini berguna untuk menyimpan air panas.

5. Ijskap

ice-bag
Ijskap (bahasa Belanda) di Indonesia-kan menjadi Eskap. Dalam bahasa Inggris disebut Ice Bag. Kegunaannya untuk kompres dingin di kepala si anak, apabila sedang demam. Caranya : es batu dipecah-pecah menjadi kepingan kecil-kecil, lalu dimasukkan ke dalam kantung es.

6. Heating Pad

heatingPad
Alat ini berupa kantung yang dilengkapi dengan kasa dan kabel dan digunakan secara elektris. Alat ini berguna untuk menghangatkan badan bila kedinginan.

7. Skin Traction Kit

Jenis Alat-alat Perawatan
Skin Traction Kit adalah alat perlengkapan yang digunakan untuk mencegah imobilisasi persendian yang terluka atau meradang, atau pada patah tulang/ dislokasi tulang.

8. Kruk atau Crutches

Jenis Alat-alat Perawatan
Kruk ( bahasa Belanda) atau Crutches (bahasa Inggris) adalah tongkat penyanggah tubuh yang digunakan pada pasien yang mendapat gangguan/cedera/ sehabis operasi pada kakinya. alat ini ada yang terbuat dari bahan kayu, bahan aluminium, campuran kayu dan logam.

9. Borst-Pomp

Jenis Alat-alat Perawatan
Borst-Pomp (bahasa Belanda) dalam bahasa Indonesia Pompa susu. Kegunaannya adalah untuk membantuk memompa air susu keluar dari buah dada wanita yang sedang menyusui dikarenakan produksi air susunya terlalu banyak.

10. Tepelhoed

Jenis Alat-alat Perawatan
Tepelhoed (bahasa Belanda) , dalam bahasa Indonesia biasa disebut pelindung putting susu. Dalam bahasa Inggris disebut Nipple Shield. Alat perawatan ini digunakan apabila putting susu wanita yang sedang menyusui itu luka, maka untuk dapat meneruskan menyusukan bayinya, putting susunya diberi alat tersebut dan si bayi menghisap air susu ibunya melalui alat tersebut.

11. Windring

Jenis Alat-alat Perawatan
Windring (bahasa Belanda) atau Air cushion (bahasa Inggris) adalah alat yang dibuat dari karet berbentuk lingkaran seperti ban dalam mobil, berdiameter 40 cm bagian luarnya sedangkan diameter lingkaran bagian dalamnya lk. 13,5 cm.  Kegunaannya sebagai tempat duduk mereka yang menderita wasir atau ambeien.

12. Breukband

Jenis Alat-alat Perawatan
Breukband (bahasa Belanda) adalah alat yang berupa sabuk ( ban pinggang) dan gunanya untuk para penderita Hernia tanpa khawatir merasa sakit.

13. Pressure Garments

Jenis Alat-alat Perawatan
Pressure Garments adalah pakaian yang bersifat mengepres atau menekan tubuh/bagian tubuh, seperti sejenis kniedekker yang dipakai untuk mengencangkan persendian lutut.

14. Spalk

Jenis Alat-alat Perawatan
Spalk (bahasa Belanda) adalah alat yang digunakan untuk pertolongan pertama pada kecelakaan patah tulang (lengan/ kaki). Dalam bahasa Indonesia disebut bidai. ada 2 macam bidai yaitu bidai kawat dan kayu.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment