Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Alat Perlengkapan Kesehatan di Rumah Sakit

Alat perlengkapan kesehatan  rumah sakit merupakan alat-alat kesehatan yang biasanya terdapat di rumah sakit untuk menunjang pelayanan kesehatan di rumah sakit.

A. Alat Perlengkapan di kamar pasien

1. Tempat tidur
Hospital-Bed
Tempat tidur dalam rumah sakit biasa disebut dengan hospital bed (Bahasa Inggris). Tempat tidur yang ada sisi pinggirannya disebut juga hospital bed with side rails. Tempat tidur untuk pasien sesudah operasi atau bersalin dinamakan hospital bed for recovery.

2. Foot Stool
foot stool
Alat ini berupa tempat injakan kaki, gunanya untuk beranjak naik ke tempat tidur (hospital bed). Ada foot stool yang berupa tangga bertrap 2 yang juga dipakai dalam ruangan operasi.

3. Bedside Locker
bedside locker
Alat ini berupa lemari kecil dengan laci dan biasanya ditaruh di sebelah tempat tidur. Diatas meja tersebut dapat ditaruh segala macam keperluan seperti vas bunga, obat-obatan, minuman dan lain-lain.

4. Bed Screen
[#Beginning of Shooting Data Section]<br />Nikon D3X<br />2011/12/21 10:43:24.41<br />Fuseau horaire/date : UTC, Heure d'été:Activée<br />RAW compressé sans perte (12 bits)<br />Taille d'image : L (6048 x 4032), FX<br />Objectif : 60mm F/2.8D<br />Photographe :                                     <br />Copyright :                                                       <br />Focale : 60mm<br />Mode d'exposition : Manuel<br />Mesure : Pondérée centrale<br />Vitesse d'obturation : 1/100s<br />Ouverture : F/11<br />Correction expo. : 0IL<br />Régl. précis expo. :<br />Sensibilité ISO : 1IL sous 100<br />Optimisation image :<br />Balance des blancs : Pré-réglage manuel d-0, 0, 0<br />Mode mise au point : AF-C<br />Mode de zone AF : Sélectif<br />Réglage précis AF : Désactivé<br />VR :<br />Réduction du bruit : Désactivée<br />Réduc. bruit ISO : Désactivée<br />Mode couleur :<br />Espace colorimétrique : Adobe RGB<br />Correction des tons :<br />Réglage des teintes :<br />Saturation :<br />Accentuation :<br />D-Lighting actif : Désactivé<br />Contrôle du vignetage : Normal<br />Contrôle auto de la distorsion :<br />Optimisation d'image : [SD] Standard<br />Fondé sur : [SD] Standard<br />Réglage rapide : 0<br />Accentuation : 3<br />Contraste : 0<br />Luminosité : 0<br />Saturation : 0<br />Teinte : 0<br />Effets de filtres :<br />Virage :<br />Mode flash :  <br />Correction d'exposition flash :  <br />Mode synchro flash :  <br />Filtre gélatine coloré :<br />Sys coord :<br />Authentification : Désactivée<br />Nettoyage du capteur d'image :<br />Légende image :                                     <br />[#End of Shooting Data Section]
Alat ini disebut juga” tabir pemisah” yang berguna untuk memisahkan pasien yang satu dengan pasien yang lain. Alat ini dapat dipindah-pindahkan. Alat ini juga ada yang terdiri dari 2 panel atau 3 panel.

5. Infuse Stand
INFUSE STAND
Pada pasien yang memerlukan cairan atau darah maka diperlukan infuse stand di kamarnya. Alat ini berguna untuk menggantungkan cairan infus untuk keperluan pemberian parenteral.

B. Alat perlengkapan kesehatan di kamar operasi (OK)

1. Lampu operasi
lampu operasi
Lampu operasi digunakan pada saat melakukan pembedahan. Lampu operasi harus terang sekali dan tidak boleh memberikan bayangan, sehingga tidak mengganggu jalannya pembedahan.

2. Meja Operasi
meja operasi
Meja operasi digunakan pada saat proses pembedahan. Meja operasi atau operating table ada bermacam-macam antara lain manual, semi otomatis, dan otomatis, bahkan ada yang menggunakan remote control (jarak jauh).

3. Wheel Stretcher
wheel Stretcher
Alat ini disebut juga dengan nama Recovery Stretcher. Alat ini digunakan untuk penderita setelah selesai dioperasi, dipindahkan dari meja ke alat ini untuk kemudian dibawa ke kamar pasien.

4. Instrument Table
instrument-table
Alat ini merupakan tempat menaruh alat-alat (instrument). Biasanya bersusun dua dan beralaskan kaca. Dalam bahasa Belanda alat ini disebut dengan Instrumenten tafel.

5. Mayo Stand
mayo stand
Alat ini merupakan instrument tray yang berdiri di atas suatu standard. Gunanya adalah untuk tempat alat-alat bedah dan biasanya diletakkan di dekat meja operasi. Alat ini disebut juga dengan nama Instrument Tray Stand.

6. Basin Stand
basin stand
Alat ini disebut juga dengan bowl stand. Alat ini merupakan tempat dimana dapat ditaruh semacam baskom untuk cuci tangan dll. Alat yang berisi 1 baskom dan aada yang berisi untuk 2 buah baskom.

7. Revolving Stool
revolving stool
Alat ini berupa kursi yang dapat berputar dan bisa ditinggikan dan direndahkan.

8. Peralatan electro surgery
Peralatan ini digunakan dalam operasi saraf, operasi plastik, hemostatis, dalam laparoscopy dan Cytoscopy untuk menghilangkan polyps, dalam urologi transurethral resection (TUR), dalam ginekologi dan dermatologi. Alat ini dipasang dalam ruang bedah dengan mempergunakan ceiling arm. Alat tersebut diperlengkapi dengan elektroda yang dapat digunakan untuk memotong dan mengkoagulasikan jaringan tubuh, serta pinset untuk mencegah jaringan menempel selama koagulasi.

9. Alat sinar laser
Saat ini pembedahan tidak lagi mempergunakan pisau operasi tetapi menggunakan sinar laser. Sinar laser ada 4 macam yaitu :
  • Flowing Gas CO2 laser
  • Flowing Gas Argon laser
  • Flowing Gas YAG laser
  • Flowing Gas Krypton Laser
Hanya Flowing gas CO2 laser yang digunakan untuk bedah umum, sedangkan ketiga sinar lainnya digunakan pada pembedahan mata.

Masih banyak lagi alat-alat perlengkapan kesehatan rumah sakit. Jika kalian ingin menambahkan, silahkan coment ya.. terima kasih.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment