Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Mengatasi Stres dan Ansietas

Sebuah survei mengungkapkan, sedikitnya 50% orang secara teratur merasa cemas atau nervous, atau bahkan mengalami ansietas (merasa sangat cemas tanpa sebab). Jika tidak dikendalikan, hormon stres yang berlebihan dapat meningkatkan risiko apa saja, dari sakit kepala sampai penyakit jantung. Kabar baiknya, menurut para ahli, kita bisa meredakan stres dan menenangkan diri dengan cara berikut.

1. Turunkan kadar cortisol dengan bangun siang di akhir pekan.

Hampir semua perempuan bermasalah dengan ansietas jika kurang tidur, jelas Jonathan Abramowitz, Ph.D., dari Anxiety and Stress Disorders Clinic University of North Carolina. Riset menunjukkan, tidur ekstra 30 menit di hari libur bisa meredakan stres sama efektifnya dengan tidur lebih awal setiap malam.

Tips Mengatasi Stres dan Ansietas

2. Tenang dengan pura-pura tenang

Cara sederhana menenangkan ketegangan adalah : pura-pura tenang. Ketika subyek dari studi bicara dengan nada rileks, tekanan darah dan kadar stres mereka turun dalam beberapa menit. Menurut para ahli, cara bicara kita berefek pada perasaan kita.

3. Jadikan makanan sebagai obat

Untuk meredakan stres dan ansietas untuk jangka panjang, biasakan diet kaya padi-padian utuh, buah-buahan, sayuran, polong-polongan, dan protein tak berlemak, saran Harold Bloomfield, MD., dalam buku Healing Anxiety Naturally. Studi-studi terkini menunjukkan, program makan sehat mengatasi rasa sangat cemas pada lebih dari 75% perempuan, sering hanya dalam 3 minggu. Penjelasannya sebagai berikut : kadar gula darah turun naik menstimulir kelenjar adrenal memompa kadar hormon stres yang berlebihan. Diet sehat mencegah hal ini dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Tenangkan pikiran dengan aroma

Para periset Jepang melaporkan, menghirup aroma manis dan wangi dari Jasmine secara bermakna menurunkan denyut jantung, merilekskan otot-otot dan memicu produksi GABA, sejenis zat kimia otak yang berperan sebagai zat penenang alamiah hanya dalam 5 menit. Untuk hasil terbaik, pilih minyak esensial 100%.

5. Olahraga intens

Sebuah studi baru Inggris menemukan, olahraga intens hanya 30 detik, misalnya naik tangga atau jalan cepat dari tempat parkir mobil ke pintu supermarket, dapat membuat pikiran jadi positif selama lebih dari 1 jam. Alasannya : ledakan singkat olahraga cepat meningkatkan produksi zat kimia otak yang membangkitkan semangat, contohnya norepinephrine dan endorphin. Selain itu, juga membakar kelebihan cortisol dan membantu otak lebih jernih 20% di saat tegang.

Tips Mengatasi Stres dan Ansietas

6. Rileks dengan sage

Dalam sebuah studi terkini, relawan yang mendapatkan 600 mg ekstrak daun sage setiap hari lebih tenang paling sedikit 11 % bahkan di tengah situasi stres tinggi dibanding yang tidak mendapatkan ekstrak. Menurut Christine Horner, MD., dalam buku Waking the Warrior Goddess, herbal ini bekerja dengan memperlambat pemecahan acetylcholine, zat kimia otak penting untuk meningkatkan semangat dan meredakan ansietas.

sumber : Aura

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment