Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Nutrisi Lengkap Tubuh Sehat Dalam Menjalani Kemoterapi

Nutrisi Lengkap Tubuh Sehat Dalam Menjalani Kemoterapi. Normalnya, makanan dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi dan untuk membangun sel-sel tunuh yang rusak. Saat menjalani kemoterapi, kebutuhan tersebut sangat bertambah, seiring menurunnya energi dan mudah timbulnya kelelahan, serta akibat banyakannya sel yang rusak akibat kemoterapi. Dengan makan yang cukup, tubuh kuat mampu memerangi infeksi serta lebih tahan menghadapi efek samping obat.

Kebutuhan gizi khusus Pasien Kanker

Berikut nutrisi lengkap yang dibutuhkan untuk pasien kanker :

1. Cairan

Cairan sebaiknya cukup memadai agar buang air besar mudah, serta mencegah gangguan ginjal dan kandung kemih. Selain itu cairan juga dibutuhkan tubuh guna menggantikan cairan yang terbuang keluar saat muntah atau diare. Perbanyak minum air, jus buah dan lain sebagainya dan hindari minuman berkafein seperti kopi.

2. Protein

Protein membangun otot, tulang, kulit, dan darah, serta membantu penyembuhan tubuh dan memerangi infeksi. Makanan sumber protein antara lain telur, ayam, daging tanpa lemak, yogurt, keju, dan selai pisang.

3. Kalori

Kalori merupakan bahan bakar bagi tubuh kita. Tubuh perlu kalori untuk melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari, termasuk penyembuhan dari penyakit. Agar tubuh cukup kalori, makanlah makanan berkalori tinggi seperti es krim, alpukat, telur, mentega, dan sebagainya.

nutrisi lengkap

Tips makan sehat dan nyaman

  • Makanlah menu seimbang yang mengandung bermacam-macam makanan agar anda mendapat zat-zat secara lengkap, baik karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, maupun air.
  • Bagi makanan dalam porsi kecil namun sering daripada memakannya sekaligus dalam porsi besar. Porsi kecil lebih mudah dicerna dan lebih menggugah selera saat anda malas makan.

Demikianlah artikel mengenai Nutrisi Lengkap Tubuh Sehat Dalam Menjalani Kemoterapi. Walau dalam keadaan sakit, diusahakan tubuh selalu mendapatkan nutrisi lengkap agar bertahan dalam menghadapi penyakit tersebut.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment