Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Menjaga Tubuh Sehat dan Bugar sampai Lansia

Menurut Henry Chang(1996) dalam bukunya longevity Through the Organic Lifestyle. Mereka yang ingin tetap sehat dan bugar sampai lansia,minimal harus melaksanakan beberapa kebiasaan atau gaya hidup sehat ( organic lifestyle) secara tekun dan  berkelanjutan sejak usia muda, di antaranya beberapa berikut ini :
  • Back to nature ( kembali ke alam)
Hal-hal yang dapat dilakukan seperti menghindari segenap kegiatan dan tindakan yang dapat meracuni dan merusak lingkungan hidup. Lingkungan yang tercemar justru akan mempercepat proses”kiamat”. minimal membuat manusia sakit-sakitan dan menderita sehingga sisa umurnya tidak dapat dinikmati.
  • Minum air dalam jumlah yang cukup
Tips Menjaga Tubuh Sehat dan Bugar sampai LansiaUntuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh disarankan minum sekitar 6-8 gelas per hari karena air merupakan sumber kehidupan dan zat gizi utama. Air yang diminum tentu saja harus memenuhi syarat kualitas air minum dalam kesehatan (Permenkes no.416 tahun 1990). Selain itu air harus dimasak terlebih dahulu sebelum diminum.
  • Berjemur dibawah sinar matahari
Tips Menjaga Tubuh Sehat dan Bugar sampai LansiaBerjemur dibawah sinar matahari pagi pukul 06.00-09.00 selama beberapa menit dan menghirup udara segar dipagi hari sebanyak-banyaknya juga sangat menyehatkan.Selain air, sinar matahari dan udara bersih juga merupakan unsur utama kehidupan kita.Namun hendaknya menghindari terik matahari pada siang hari (pukul 10.00-15.00). Sebab sinar pada waktu tersebut dapat merusak kulit, mata, rambut, dan lain sebagainya sehingga mengakibatkan penuaan dini.
  • Olahraga
Tips Menjaga Tubuh Sehat dan Bugar sampai LansiaOlahraga yang bisa dilakukan adalah joging atau  senam pagi. Jenis olahraga yang dilakukan  hendaknya disesuaikan dengan kondisi fisiologis dilaksanakan secara teratur dan terukur agar manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh.
  • Mengendalikan emosi
Berupaya mengarahkan emosi yang menggebu pada hal-hal yang positif dan mengendalikan stres dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat.
  • Refreshing dan istirahat yang cukup
Sediakan waktu untuk refresing dan upayakan tidur yang berkualitas Misalnya setelah jenuh bekerja selama 2-5 jam, istirahatlah sejenak.Pejamkan mata, tenangkan pikiran, dan buatlah tubuh menjadi relaks.
  • Menghindari mengonsumsi bahan berbahaya
Menghentikan / menghindari merokok(aktif/pasif), berhenti minum-minuman beralkohol ,dan obat-obatan terlarang . Semua itu akan merusak kesehatan dan mempercepat proses menjadi pikun dan sakit-sakitan.
  • Membina hubungan vertikal dan horizontal
Membina hubungan vertikal ( ibadah kepada Allah SWT) dan hubungan horizontal( sosial dengan manusia dan lingkungan )secara baik. ,yaitu taat dan tekun menjalankan ibadah dan doa kepada Allah SWT agar dianugrahiumur yang penuh berkah.Memperbanyak sahabat dan membina hubungan silaturahmi karena hal itu akan membuat hidup tidak kesepian. 
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment