Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Obat Tradisional untuk Mengatasi Tanda-tanda Menopause

Menopause adalah suatu fase dalam kehidupan wanita dimana proses menstruasi berhenti untuk selamanya.Masa ini menandai berakhirnya kesuburan dan kemampuan memiliki anak. Menopause adalah proses alamiah bukan masalah kesehatan. Meskipun terjadi perubahan hormonal, fisik, dan psikososial, proses menopause bukanlah akhir dari kehidupan seksualitas.

Menopause terjadi antara usia 35-58, kebanyakan wanita mengalaminya saat umur 48-52.Menopause dini pada usia 40-45 dan dapat merupakan hal normal tetapi dapat pula menandakan adanya penyakit tertentu, sehingga penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Proses terjadinya menopause dimulai dengan penurunan fungsi sel telur, umumnya terjadi lima tahun sebelum menstruasi terakhitr. Perubahan fisik dan emosi dapat terus berlanjut beberapa tahun selelah menstruasi terakhir.
Obat Tradisional untuk Mengatasi Tanda-tanda Menopause

Komplikasi Menopause

Beberapa penyakit kronis cenderung timbul setelah menopause,untuk itu perlu diambil langkah-langkah untuk menurunkan resikonya sebagai berikut :

1. Penyakit Jantung
Bersamaan dengan menurunnya hormon estrogen maka resiko terjadinya penyakit jantung juga meningkat. Beberapa tindakan yang diambil untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung seperti stop merokok, menjaga tekanan darah, olahraga secara teratur dan pola makan yang sehat.

2. Osteoporosis
Beberapa tahun pertama setelah menopause, kalsium dalam tulang akan menurun secara cepat sehingga meningkatkan resiko tulang menjadi rapuh (osteoporosis) . Pada masa menopause penting untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup sekitar 1200-1500 miligram/hari dan vitamin D 400-800 internasional unit(UI)/hari. Olahraga teratur juga penting untuk menjaga tulang tetap kuat.

3. Inkontinensia urin
Terjadi akibat elastisitas vagina dan saluran kencing berkurang, biasanya ditandai dengan keluarnya air seni saat sedang tertawa, batuk atau mengangkat atau dengan gejala yang lebih berat.

4. Peningkatan berat badan
Akibat metabolisme tubuh dan hormon estrogen yang menurun, berat badan meningkat dan bentuk tubuh berubah. Kurangi porsi makan dan berolahraga untuk mempertahankan berat badan.

Pengobatannya :
1. Ketika wanita sudah merasakan gejala peralihan ini, hendaknya ia mengurangi bahkan sebaiknya berhenti mengonsumsi daging untuk beberapa bulan ke depan. Perbanyak makan sayur, usahakan dapat buang air besar secara teratur setiap hari, banyak minum air putih dan banyak istirahat.

2. dan minumlah salah satu ramuan ini :

Ramuan Obat Tradisional untuk Menopause

Ramuan 1
- 3 lembar daun sarap (Keji beling/ sambang getih/ sambang darah)
- 5 lembar adas
-1/4 jari tangan kulit kayu pulosari
- air matang secukupnya

Cara membuat : Daun sarap, adas, pulosari yang telah dicuci ditumbuk halus. Tambahkan air matang,aduk merata,lalu disaring. Minum ramuan ini langsung habis sebelum makan.

Ramuan 2
Obat Tradisional untuk Mengatasi Tanda-tanda Menopause

- 1 genggam daun pacar cina
- 1 gelas air mendidih
Cara meramu : masukkan daun pacar cina pada gelas yang berisi air yang mendidih,biarkan dingin, lalu saring. Minum hasil saringan ini semuanya, sebelum makan.

Ramuan 3
- 1/2 kepal umbi pisang kepok
- Garam secukupnya
Pembuatan : umbi dicuci, diparut, lalu tambahkan garam, kemudian diperas, saring dan diminum airnya.
Pemakaian : sehari 2-3 kali sebanyak yang diperlukan.

Ramuan 4
- 9 lembar daun sembung manis
- 20 lembar daun sambang getih
- 1/4 genggam daun kumis kucing
- 9 lembar daun kaki kuda
- 8 buah biji kedawung
- 3/4 sendok teh adas
- 1/4 jari pulosari
- 3 jari gula aren
- 4 gelas air bersih

Pembuatan : semua bahan dicuci dan dipotong-potong, kemudian direbus dengan air sampai tinggal 3/4nya, ditunggu dingin, disaring,dan minum airnya.
Pemakaian : 3 kali sehari 1/2 gelas

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment