Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Cara Menyimpan Obat Yang Baik

Obat adalah sediaan jadi yang merupakan sediaan atau paduan bahan-bahan termasuk produk biologi dan kontrasepsi yang digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosa, pencegahan, penyembuhan, pemulihan dan peningkatan kesehatan.

Penyimpanan obat sangat penting dalam menjaga obat tersebut agar tidak rusak sehingga masih efektif dalam menyembuhkan penyakit yang diderita pasien.
Bagaimana cara penyimpanan obat yang baik ?
Berikut saya memberikan tips cara menyimpan obat yang baik :
1. Belilah obat seperlunya, bila habis dapat untuk membeli kembali daripada menyimpan trlalu lama karena banyaknya, sebab bila kelamaan dapat berubah obat menjadi racun atau kadaluarsa yang menjadikan bahaya bagi tubuh.

2.Telitilah sebelum membeli atau lihat tanggal masa berlakunya. Pada umumnya obat yang dikemas baik dalam botol maupun dalam kotak tercantum kadaluarsanya bahkan lengkap dengan komposisinya. Karena pabrik obat tidak menjamin apakah obat tersebut masih layak minum atau tidak, jika lewat tanggal yang ditentukan. Oleh karena itu bila obat telah berubah warnanya atau baunya, bahkan telah lebih dari satu tahun dari pembeliaanya harus dijauhkan (jangan dipakai).

3.Berilah nama obat pada botol yang akan dipindahkan, bila anda menghendaki pada botol yang lain, dan usahakan steril dari kotoran maupun penyakit yang lain.

4.Simpanlah semua obat pada lemari obat yang cukup penerangannya, agar tidak salah mengambil bila memerlukannya.

5.Usahakan bila habis menggunakan obat, baik yang berbentuk kapsul maupun cair tutuplah rapat-rapat sisa obat tersebut. Dimaksudkan agar obat terlindung dari masuknya bahan-bahan lainnya baik benda cair, padat, ataupun uap yang dapat terjadi kehilangan perekatan, pencairan, maupun penguapan.

6.Letakkan obat pada tempat yang agak tinggi, agar aman dari jangkauan anak-anak

7. Usahakan penyimpanan obat terlindung dari pancaran sinar matahari agar tidak menembus di dalamnya.

8. Simpanlah obat pada suhu hangat antara 30-40 derajat celsius, bila ditempat sejuk antara 8-15 derajat celcius, dan bila ditempat dingin pada suhu tidak lebih dari 8 derajat celsius.

Tips Cara Menyimpan Obat Yang Baik


Demikianlah tips cara menyimpan obat yang baik. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.  Pastikan obat-obat yang anda gunakan di simpan dalam tempat yang tepat dan layak untuk digunakan.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment