Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Tips Berhenti Merokok

Berhenti merokok bukanlah hal yang mustahil dilakukan walaupun sebelumnya ia adalah perokok berat. Niat dan tekad kuatlah menjadi awal untuk berhenti total menghisap rokok. Walaupun terkadang seseorang yang baru bisa berhenti merokok, selalu banyak godaan untuk menghisap rokok kembali.
Berikut beberapa tips yang patut dicoba untuk bisa berhenti merokok:
1. Niat dan tekad kuat.
Semua yang akan kita lakukan berawal dari niat dan tekad . Jika niat dan tekad kita kuat untuk berhenti merokok, maka godaan untuk kembali merokok bisa kita tekan semaksimal mungkin. Jadi berniat dan bertekad kuat terlebih dahulu untuk bisa berhenti merokok.

2. Berolahrga
Perbanyaklah berolaharga. Karena dengan berolahraga ,dapat membuang racun yang ada di dalam tubuh akibat rokok sehingga efek candu karena nikotin bisa dihilangkan.

3. Pengganti Nikotin
Ada banyak produk dipasaran yang dapat digunakan sebagai pengganti nikotin pada rokok. Tetapi didalam produk tersebut masih mengandung nikotin dalam kadar yang lebih kecil daripada kadar nikotin pada rokok. Produk tersebut dapat berupa permen , obat ,suntikan, dan lain-lain. Tetap berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaan produk tersebut.

4. Menghindari mulut dari bau rokok dan rasa asam pada mulut
Seorang perokok pada umumnya sulit untuk menghilangkan bau rokok pada mulutnya dan rasa asam yang ditimbulkan ketika sudah lama tidak merokok. Cobalah untuk selalu menggosok gigi agar bau rokok tersebut hilang dan makanlah cemilan yang manis seperti permen atau gula-gula untuk menghilangkan rasa asam pada mulut .

5. Hindari Stress
Stress, depresi, frustasi bisa menjadi pemicu untuk anda menghisap rokok kembali, Tetap jaga emosi ,berfikiran positif dalam menjalani hidup anda agar anda tidak kembali merokok hanya karena stress.

6. Selalu Ingat Alasan Anda Berhenti Merokok
Mengingat selalu alasan anda untuk berhenti merokok merupakan motivasi yang anda ciptakan untuk menjaga diri anda dari keinginan untuk merokok kembali. Jika kesulitan mengingatnya ,dapat anda tempel dibeberapa sudut ruangan dalam bentuk memo untuk memperkuat motivasi anda berhenti merokok.

7. Bergabunglah dengan orang-orang yang tidak merokok
 Faktor lingkungan merupakan faktor penting dalam mempengaruhi prilaku anda .Jika anda selalu berkumpul dengan para perokok ,kemungkinan besar anda akan terpengaruh untuk merokok kembali. Oleh karena itu, perbanyaklah berkumpul dengan orang-orang yang tidak merokok, agar anda dapat menjada diri untuk tidak merokok kembali.

8. Kurangi jumlah pemakaian rokok sedikit demi sedikit
 Jika anda perokok berat, ketika mempunyai niat untuk berhenti merokok, cobalah untuk mengurangi jumlah rokok yang anda hisap setiap hari. Jika pemakaian rokok dihentikan total secara tiba-tiba, tubuh akan memberikan reaksi  negatif seperti pusing, emosi meningkat dan lain-lain. Oleh karena itu , cobalah mengurangi jumlah rokok yang anda hisap. Jika sehari menghisap 20 batang, kurangi minimal 1 batang setiap hari dan jumlah tersebut harus tetap menurun hingga anda tidak merasakan ingin merokok kembali.

Tips Berhenti Merokok
Semoga tips berhenti merokok ini banyak memiliki manfaat bagi kita semua ,khususnya bagi teman-teman sekalian yang ingin berhenti merokok. Ingat ,merokok bukan hanya merugikan keuangan anda, tetapi juga merugikan tubuh anda sendiri. Mari kita ciptakan hidup sehat tanpa rokok.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment