Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Cara Penggunaan Obat Yang Benar

Cara penggunaan obat berdasarkan bentuk sediaan obat : 

1. Obat oral (melalui mulut)
Umumnya lebih baik jika meminum obat dengan satu gelas penuh air .Ikutilah petunjuk dokter/ apoteker. Ada beberapa obat yang diminum bersama makanan atau sesudah makan, ada juga yang lainnya diminum pada saat lambung kosong. Jika anda harus minum obat dalam jangka waktu lama, minumlah semua obat sesuai dosisnya. Jangan digerus atau dihisap jika tidak dikatakan seperti itu. Jika meminum obat cairan harus diperhatikan penggunaan sendok yang disebutkan pada obat dengan sendok yang umumnya terdapat di rumah anda. Sendok pada obat perhitungannya 15 mL, sedangkan sendok makan yang umum pada rumah tangga sekarang biasanya 8 mL. Sendok teh pada takaran obat adalah 5 mL tapi sendok teh di rumah biasanya 3 mL. Sebaiknya kalau sendok teh pada obat gunakan sendok takar obat yang biasanya disertakan bersama obat cair. Jika anda kesulitan meminum obat dalam bentuk tablet / kapsul/ cairan seperti pada resepnya ,sampaikanlah pada dokter penulis resep sehingga bisa diganti dengan yang sesuai.


Cara Penggunaan Obat Yang Benar



2. Obat Kulit (Salap)

Oleskan salap pada daerah kulit yang bersih, kering dan sedikit atau tidak ada bulu serta bebas dari luka terbuka atau iritasi. Gunakan bagian salap baru pada tempat yang berbeda.
Cara Penggunaan Obat Yang Benar


3. Inhaler (obat yang dihirup)
Obat-obat inhaler biasanya mempunyai petunjuk sendiri buat pasien. Bacalah petunjuknya dengan teliti sebelum menggunakan obat. Jika anda tidak mengerti cara pemakaiannya atau anda tidak merasa pasti bagaimana cara penggunakannya, tanyakanlah pada dokter yang meresepkan. Ada beberapa tipe inhaler yang digunakan dengan cara yang berbeda, sehingga penting untuk mengikuti cara pakai yang diberikan.
Cara Penggunaan Obat Yang Benar


4. Obat Tetes Mata (OTM)
Untuk mencegah kontaminasi, jangan dibiarkan ujung wadah tetes mata bersinggungan dengan permukaan/bagian mata dan selalu dijaga tutup tetes mata selalu rapat.
Cara Penggunaan :
Terlebih dahulu cuci tangan anda dengan sabun. Miringkan kepala kebelakang dan dengan jari telunjuk tarik kelopak mata bawah dari mata hingga membentuk lekukan. Teteskan obat tetes mata kedalam lekukan mata dan pelan-pelan ditutup. Jangan kedip-kedipkan mata biarkan tertutup selama 1-2 menit.
Cara Penggunaan Obat Yang Benar


5. Salap Mata
Untuk mencegah kontaminasi dari salap mata usahakan jangan sampai ujung "tube" menyentuh mata. Setelah penggunaan, lap ujung tube dengan tissue yang bersih dan tutup rapat.
Cara Pakai : cuci tangan dengan bersih. Tarik kelopak mata bawah sehingga membentuk lekukan. Oleskan lapisan tipis salap mata pada lekukan lebih kurang 1 cm panjangnya. Pelan-pelan tutup mata dan diamkan 1-2 menit. Cuci tangan lagi.
Cara Penggunaan Obat Yang Benar


6. Obat Tetes Hidung
Tengadahkan kepala atau letakkan kepala pada bantal miring. Teteskan pada masing-masing lobang hidung dan diamkan beberapa menit. Siram botol dengan air panas dan keringkan dengan tissue bersih. Tutup kembali. Untuk mencegah penularan infeksi, jangan gunakan obat tetes mata dan hidung untuk orang lain juga.
Cara Penggunaan Obat Yang Benar


7. Tetes Telinga
Untuk mencegah kontaminasi jangan sampai ujung alat tetes telinga menyentuh telinga.Botol tidak boleh penuh untuk mencegah tetesan.
Cara Pakai : Tidur dan miringkan kepala sehingga telinga yang akan diobati menghadap keatas. Teteskan obat tetes telinga pada saluran telinga. Jaga selama 5 menit sehingga obat mengalir. Untuk anak-anak yang susah diam, diamkan paling tidak 1-2 menit. Jangan goyang-goyang penetes telinga sesudah dipakai. Lap ujung penetes dengan tissu yang bersih dan tutup wadah dengan kencang(rapat).

8. Suppositoria
Cuci tangan sampai bersih. Pisahkan pembungkus suppost dari badan supp dengan air bersih. Tidurlah miring. Dorong suppost kedalam dubur( rectal) dengan jari kanan. Jika suppost terlalu lunak dimasukkan, simpan 30 menit dalam lemari es atau siram dengan air es sebelum dilepaskan pembungkusnya. Cucilah tangan  sesudah mendorong suppositoria.
Cara Penggunaan Obat Yang Benar


9. Salap/ krim untuk dubur (rektal)
Bersihkan dan keringkan daerah sekitar dubur. Gosoklah dengan sedikit salap/ krim tadi. Pasangkan aplikator plastik pada tube. Masukkan ujung aplikator pada rektum dan hati-hati pencet tube hingga salap/ krim masuk rektum. Pisahkan ujung aplikator dari tube dan cuci dengan air panas, bersihkan dengan sabun/deterjen. Lepaskan tube setelah dipakai . Cuci tangan sampai bersih.

10. Obat-obat yang melalui vagina
Cuci tangan yang bersih. Gunakan aplikator, masukkan obat ke dalam vagina sejauh mungkin secara pelan-pelan dan tidak menimbulkan rasa sakit. Bebaskan obat dengan mendorong plunger. Tunggu beberapa menit sebelum bangun . Cuci aplikator dan tangan dengan sabun dan air panas.

Catatan penting dalam cara penggunaan obat yang benar :
  • Gunakanlah obat hanya seperti petunjuk cara pakai, pada waktu yang tepat dan penuh selama waktu pengobatan. 
  •  Jika anda menggunakan obat bebas (OTC) ikutilah cara pakainya seperti pada label kecuali ada petunjuk lain dari dokter anda. 
  •  Jika anda merasa obat dari dokter anda tidak / kurang berkhasiat nyatakan pada dokter anda. Obat-obat yang diserahkan oleh apotek oleh apoteker akan diberikan dalam kantong/ bungkus sendiri-sendiri. Paling baik jika anda selalu menjaga obat dalam keadaan tertutup rapat dalam wadah aslinya, jika tidak sedang digunakan.
  •  Janganlah pisahkan label obat, karena cara pakai dan informasi penting ada pada label. Untuk menjaga kesalahan jangan meminum obat ditempat yang gelap. Selalulah baca tabel sebelum minum obat terutama tanggal kadaluarsa dan petunjuk cara pakai. 
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment