Blog ilmu bayoe ini tempat berbagi informasi seputar farmasi, kesehatan, dan lain-lain

Membangun kepercayaan diri dan ketenangan batin


Membangun kepercayaan diri dan ketenangan batin. Dalam hidup ini hanya sedikit orang yang bisa lolos dari rasa takut dan meragukan diri sendiri. Tapi kita jangan khawatir. Kita semua bisa belajar cara menciptakan rasa percaya diri yang luar biasa dan ketenangan batin ketika menghadapi berbagai situasi di dalam hidup kita. Dalam buku Feel the fear and Do it anyway, Susan Jeffers, PhD., mengemukakan berbagai teknik untuk membantu melewati rasa takut dan meragukan diri sendiri untuk menciptakan hidup yang indah dan memuaskan, antara lain :

 1. Bangun rasa percaya kepada diri sendiri
Tugas pertama kita adalah membangun rasa percaya, bahwa apapun yang terjadi dalam hidup kita, kita bisa menanganinya dengan baik. Saat ini, kita pikirkan sesuatu tentang bidang apapun dalam hidup kita yang merisaukan kita dan ulangi 10 kali kata- kata penting ini, “ Apapun yang terjadi saya akan bisa menanganinya.” Maksud kata- kata “ saya akan bisa menanganinya” artinya “ saya akan belajar darinya. Saya akan tumbuh darinya. Saya akan membuatnya berhasil.
Membangun kepercayaan diri dan ketenangan batin

2. Lakukan yang terbaik lalu lepaskan hasilnya
Untuk mmbantu melepaskan, kembangkan kepercayaan bahwa semua akan berjalan secara baik, kalimat yang menenangkan ini adalah versi pendek dari “ Saya sudah melakukan yang terbaik, tapi jika yang terjadi tidak seperti yang saya inginkan, saya akan cari cara untuk memperkaya diri dengan apapun yang diberikan hidup kepada saya.Saya akan belajar dan tumbuh darinya, karena itu semua benar- benar terjadi secara baik.” Terus- menerus mengulangi kalimat ini bisa membungkam obrolan negative di dalam pikiran kita dan membantu kita melepaskan hasil. Membuat diri kita merasa damai.

3. Stop Mengeluh
Mengeluh adalah petunjuk besar bahwa diri kita tidak bertanggung jawab untuk pengalaman hidup kita. Daripada memandang hambatan- hambatan hidup sebagai masalah, pandang sebagai peluang- peluang buka pintu untuk pertumbuhan. Jika kita bisa mengendalikan reaksi- reaksi kita terhadap apapun yang diberikan hidup kepada kita, kita menang. Kini diri kita punya pilihan: Kita bisa meningkatkan kesedihan atau kita bisa menciptakan rasa pertumbuhan dan kesejahteraan kita. Itulah kekuatan. Setiap kali diri kita punya kesempatan untuk meregangkan kapasitas kita menangani dunia di sekitar kita, diri kita akan merasa semakin kuat dan semakin percaya diri.

4. Ya, Rasakan takut dan lepaskan saja
Seringkali kita berpikir” Saya akan melakukannya jika saya tidak terlalu takut lagi”. Tetapi dalam realita, yang jalan justru sebaliknya. Harus melakukan dulu, baru rasa takut itu akan hilang. Satu- satunya cara untuk menghilangkan rasa takut mengerjakan sesuatu adalah keluar dan lakukan. Kuncinya aksi atau tindakan. Begitu kita melakukan sesuatu yang sering kita takutkan, bayangkan apa yang akan terjadi, rasa takut akan situasi itu lenyap.Setelah itu saatnya mengembangkan zona nyaman lebih lanjut dan bergerak ke situasi menakutkan berikutnya. Inilah yang dimaksud dengan petumbuhan. Dan ketika rasa percaya diri terbangun, diri kita akan semakin mudah dan semakin mudah untuk merasakan takut dan melakukannya.

5. Ketika buat keputusan, terapkan filosopi” tidak rugi”
Filosofi “tidak rugi” memberitahu kita bahwa “ saya tidak akan rugi apa pun hasil dari keputusan yang saya buat. Saya menunggu peluang- peluang untuk belajar dan untuk tumbuh apapun yang dberikan pilihan saya”. Ingat jika kita belajar dari kesalahan – kesalahan kita, maka tidak ada kesalahan lagi. Dengan cara itu pendekatan “tidak rugi” dalam membuat keputusan menjamin bahwa semua keputusan kita adalah keputusan yang tepat.

6. Sadari bahwa diri kita itu penting
Menyadari bahwa kehadiran diri kita membuat perbedaan. Jika kita tidak memahami fakta yang sangat penting ini, bertindak seakan diri kita membuat perbedaan. Terus tanya pada diri kita sendiri dengan pertanyaan” bagaimana kalau” dalam semua bidang keidupan kita. “ Apa yang akan saya lakukan jika saya benar- benar penting disini?” Buat daftar dan lalu ambil tindakan. Kita akan segera hidup dalam realisasi. Bahwa diri kita benar- benar penting.

7. Bertekad memberi 100% dalam semua bidang kehidupan
kita Ini berarti ketika kita berada di tempat kerja atau dengan keluarga dan teman- teman kita, atau bertemu dengan orang baru, atau jadi relawan di dalam komunitas, atau apa pun, berikan semua yang kita miliki, tak ada yang ditahan. Jika kita bertekad memberi 100% kita akan focus, gembira, puas, dan bahagia. Betapa agungnya perasaan ini.

8. Ucapkan terima kasih banyak
Mengucapkan terima kasih adalah cara istimewa membuat koneksi penting di dalam semua bidang kehidupan kita. Kata terima kasih juga berarti membantu diri kita menghargai dan fokus pada semua yang baik di sekitar kita, karena itu membantu kita melepaskan semua perasaan marah dan benci yang mungkin kita pendam. Kita akan bisa melihat mengapa kata terima kasih adalah dua kata paling ampuh yang pernah diucapkan.

Membangun kepercayaan diri dan ketenangan batin dapat mulai dengan melakukan tips diatas selangkah demi selangkah dalam hidup kita, kita akan merasa percaya diri dan pikiran tenang akan tumbuh dan berkembang. Ingat ada banyak waktu, tapi sekarang adalah waktu pasti untuk memulai.

Membangun kepercayaan diri dan ketenangan batin

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment